Rabu 08 Nov 2023 18:57 WIB

Relawan Gus Gus Ganjar Dorong Produktivitas UMKM Warga Lumajang

GGN mendorong UMKM olaha pisang.

Pelatihan UMKM guna mendorong pertumbuhan ekonomi warga Desa Randuagung, Kecamatan Randuagung, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur.
Foto: Dok. Web
Pelatihan UMKM guna mendorong pertumbuhan ekonomi warga Desa Randuagung, Kecamatan Randuagung, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur.

REPUBLIKA.CO.ID, LUMAJANG -- Kelompok relawan Gus Gus Nusantara (GGN) Dukung Ganjar berupaya meningkatkan produktivitas usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) warga Lumajang melalui peningkatan inovasi dalam pengolahan pisang. Itu karena, pisang merupakan salah satu komoditas buah terbesar yang dihasilkan Kabupaten Lumajang. Sehingga daerah tersebut dikenal dengan julukan kota pisang. 

Lewat workshop bertemakan inovasi dan packaging olahan pisang sebagai komoditas lokal pada, GGN ingin mengajak masyarakat meningkatkan geliat UMKM guna mendorong pertumbuhan ekonomi warga Desa Randuagung, Kecamatan Randuagung, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur.

Baca Juga

"Karena kalau olahan pisang ini hanya dikemas plastik biasa tidak mengikuti tren di pasaran daya jualnya juga melemah. Kalau dalam mengemas olahan pisang ini baik, bisa masuk ke mal-mal. InshaAllah pisang dari Randuagung bisa di ekspor ke luar," ujar Koordinator Wilayah (Korwil) GGN Jatim Muhammad Alwi Hasan, seperti dinukil pada Rabu (8/11/2023). 

Menurut dia, para peserta sangat antusias mengikuti workshop tersebut. Alwi pun mengakui bahwa dukungan terhadap pasangan capres-cawapres Ganjar-Mahfud makin meluas jelang Pemilu 2024.

Hal itu juga diungkapkan oleh salah seorang peserta bernama Ghoni (25). Ghoni menilai, workshop tersebut sangat bermanfaat terutama untuk menambah wawasan kalangan muda sebagai penerus bangsa. 

"Sangat bermanfaat karena memang Kabupaten Lumajang kabupaten terbesar penghasil pisang cuma dari masyarakat untuk mengelolanya membungkus menjadi hal yang baru, belum maksimal," kata Ghoni. 

Dalam kesempatan itu, GGN dan para hadirin turut melakukan selawat dan doa bersama untuk keselamatan bangsa. 

Mereka juga mendoakan kemenangan untuk Ganjar Pranowo-Mahfud MD di Pilpres 2024. Dengan semangat yang membara, mereka meneriakkan yel-yel "2024, Ganjar-Mahfud Presidenku" dengan suara lantang. 

Menanggapi itu, Ghoni mengungkapkan bahwa pasangan Ganjar-Mahfud merupakan pasangan yang ideal dalam memberantas korupsi di Indonesia. 

"Kalau menurut saya pribadi sebagai akar rumput Pak Ganjar dan Pak Mahfud itu pasangan yang komplit sama-sama tegas, anti korupsi. Harapannya dari seluruh masyarakat Randuagung berharap Pak Ganjar Mahfud terpilih jadi presiden RI ke-8," kata dia.

Sebelumnya, mereka melakukan kegiatan itu di Dusun Kedung Mulang, Kecamatan Prajuritkulon, Kota Mojokerto. Gus Alwi juga berharap pemimpin Indonesia ke depan bisa berfokus pada kesejahteraan dan pendidikan anak.

"Doa ini juga demi kemakmuran masyarakat, serta pemimpin terpilih mendatang mampu membawa keselamatan bagi Indonesia," ujar Gus Alwi, demikian dilansir dari Antara

 

sumber : Antara

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement