Senin 06 Nov 2023 19:27 WIB

Viral Citra Radar Cuaca Melingkar Seakan Awan Hujan Jauhi Yogyakarta, Ini Penjelasan BMKG

Beredar gambar citra radar cuaca membentuk lingkaran kosong di tengah DIY.

Rep: Silvy Dian Setiawan / Red: Andri Saubani
Warga mengambil air di sumber air Dusun Duwet, Purwodadi, Tepus, Gunungkidul, DI Yogyakarta, Senin (23/10/2023). Menurut data Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi fenomena El Nino dan Indian Ocean Dipole (IOD) positif masih akan berlangsung hingga akhir tahun 2023 yang menyebabkan anomali kenaikan suhu permukaan yang lebih panas dan penurunan curah hujan.
Foto:

BMKG Stasiun Meteorologi (Stamet) YIA memprediksi hujan berpotensi turun di sebagian wilayah SIY pada 6 November 2023. Hujan ini diprediksi terjadi dengan intensitas ringan hingga sedang. 

BMKG Stamet YIA menyebut bahwa hujan ini berpotensi terjadi di Kabupaten Sleman bagian utara, Kabupaten Bantul bagian barat, dan Kabupaten Gunungkidul bagian utara. 

"Potensi hujan ringan-sedang diperkirakan dapat terjadi siang hingga sore hari," kakta BMKG Stamet YIA, Senin (6/11/2023). 

Potensi hujan ini diperkirakan masih akan terjadi kedepannya. Hal ini juga mengingat sebagian wilayah di DIY akan mulai memasuki musim hujan pada November 2023 ini. 

Sedangkan, untuk kondisi cuaca pada pagi hari ini di DIY dikatakan cerah berawan. Pada malam hari, kondisi cuaca berawan.  

"Untuk suhu udara mencapai 23-33 derajat celcius, dan kelembaban udara 60-97 persen," ungkap BMKG Stamet YIA. 

Terkait dengan arah angin, dikatakan bergerak dari tenggara ke selatan dengan kecepatan maksimum mencapai 20 kilometer per jam. BMKG Stamet YIA pun memprediksi bahwa tidak terjadi gelombang tinggi di perairan selatan DIY. 

Pada 6 November ini, tinggi gelombang laut diperkirakan berkisar antara 1,25 meter hingga 2,5 meter. Artinya, tinggi gelombang laut di perairan selatan DIY masuk dalam kategori sedang. 

"Peringatan dini nihil, tidak ada gelombang tinggi," jelas BMKG Stamet YIA. 

photo
Cara melaksanakan sholat minta hujan (istisqa). - (Kurnia Fakhrini/Republika)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement