Senin 06 Nov 2023 15:17 WIB

KPK: Firli tak Bisa Hadir Pemeriksaan di Polda Besok

Polri tak bisa hadir karena sedang di Aceh Road Shos Bus Antikorupsi

Rep: Flori Sidebang/ Red: Teguh Firmansyah
Ketua KPK Firli Bahuri (kiri)
Foto: Republika/Putra M. Akbar
Ketua KPK Firli Bahuri (kiri)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri mengonfirmasi ketidakhadirannya dalam pemeriksaan terkait dugaan pemerasan terhadap eks menteri pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL) pada Selasa (7/11/2023) besok. Dia pun telah mengirimkan surat konfirmasi ke Polda Metro Jaya. 

Hal ini disampaikan oleh Kepala Bagian Pemberitaan KPK, Ali Fikri. Ia menyebut, Firli tidak dapat memenuhi panggilan kepolisian karena sedang ada kegiatan di Aceh. 

Baca Juga

"Informasi yang kami peroleh sudah berkirim surat ke sana (Polda Metro Jaya) soalnya ada kegiatan di Aceh dalam rangka Road Show Bus (Antikorupsi) dan Hakordia di Aceh," kata Ali kepada wartawan, Senin (6/11/2023). 

"Kan saat ini posisi ada di Aceh ya, KPK di sana teman-teman, ada beberapa kegiatan yang juga dihadiri oleh Ketua KPK nantinya. Sehingga sudah berkirim surat untuk mengkonfirmasi gitu ya, ketidakhadirannya," ujar dia melanjutkan.

Ali pun mengaku belum mengetahui kapan penjadwalan ulang terkait pemeriksaan Firli. Dia hanya menyebutkan bahwa kegiatan Firli di Aceh akan berlangsung hingga sekitar 8 November 2023.

Sebelumnya, penyidik Subdit Tipidkor Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda Metro Jaya kembali menjadwalkan pemanggilan terhadap Firli Bahuri pada Selasa (7/11/2023). Hal itu karena dalam kasus dugaan pemerasan SYL belum ada tersangka.

Pemanggilan tersebut masih dalam rangka pemeriksaan kasus dugaan pemerasan oleh Firli terhadap SYL. Sebelumnya, Firli sudah menjalani pemeriksaan di gedung Bareskrim Polri pada akhir Oktober 2023.

"Pengambilan keterangan tambahan terhadap saksi FB selaku ketua KPK RI yang telah dikirimkan surat panggilannya pada 2 November 2023 kemarin," kata Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya, Kombes Ade Safri Simanjuntak, di Markas Polda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Jumat (3/11/2023).

Selain Firli, penyidik Subdit Tipidkor Ditreskrimsus Polda Metro Jaya juga memanggil seorang pegawai lembaga antirasuah yang tidak diberi tahu identitasnya. Rencananya pemeriksaan terhadap pegawai KPK tersebut digelar di Markas Polda Metro Jaya pada Senin (6/11/2023).

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement