Sabtu 04 Nov 2023 13:12 WIB

Usai Jenguk Luhut di Singapura, Jokowi: Kondisinya Semakin Membaik

Jokowi sempat bertemu Luhut di sebuah rumah sakit di Singapura, Jumat.

Rep: Eva Rianti/ Red: Erik Purnama Putra
Presiden Jokowi menjenguk Menko Marves nonaktif Luhut Binsar Pandjaitan di salah satu rumah sakit di Singapura, Jumat (3/11/2023).
Foto: Republika.co.id
Presiden Jokowi menjenguk Menko Marves nonaktif Luhut Binsar Pandjaitan di salah satu rumah sakit di Singapura, Jumat (3/11/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) mengatakan telah menjenguk Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) nonaktif Luhut Binsar Pandjaitan di salah satu rumah sakit (RS) di Singapura, Jumat (4/11/2023). Jokowi menyebut kondisi Luhut sudah semakin membaik.

"Iya kemarin saya dari Balikpapan langsung mampir dulu ke Singapura untuk menjenguk Pak Luhut," kata Jokowi kepada wartawan usai acara pelepasan bantuan kemanusiaan untuk rakyat Palestina di kawasan Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Sabtu (4/11/2023).

Dia menuturkan, kondisi Luhut saat ini terus berangsur membaik. Dia mendoakan agar Luhut segera sembuh sehingga bisa kembali bekerja di pemerintahan. "Alhamdulillah kondisi beliau semakin membaik, kita harapkan segera sehat dan sembuh dan kembali beraktivitas," ucap Jokowi.

Sebelumnya, Luhut dikabarkan jatuh sakit pada awal Oktober 2023. Lewat status di Instagram-nya, Selasa (10/10/2023), Luhut tak menampik kabar dirinya sakit. Dia mengaku mengalami kelelahan yang luar biasa.

"Beberapa hari yang lalu setelah menghadiri suatu kegiatan, tiba-tiba saya merasa kelelahan yang amat luar biasa. Rasa lelah ini tak seperti yang biasa saya rasakan selepas bekerja," kata Luhut.

Melihat kondisi yang tidak wajar tersebut, sang istri berinisiatif membawa Luhut ke salah satu rumah sakit di Jakarta. Praktis, selama beberapa hari, ia tidak diizinkan oleh tim dokter untuk beraktivitas seperti biasa.

Lantas, Luhut bercerita mendapat tawaran dari dari Menteri Senior Teo Chee Hean dan Menlu Singapura Vivian Balakhrisnan untuk menjalani tahap pemulihan di Singapura. Dia pun akhirnya dirawat di RS di Singapura hingga saat ini. Jokowi akhirnya menunjuk Erick Thohir sebagai Menko Marves Ad Interim selama Luhut belum pulih.

Berdasarkan pantauan di Instagram @luhut.pandjaitan pada Sabtu (4/11/2023), Luhut membagikan foto saat bertemu dengan Presiden Jokowi. Di dalam foto tampak luhut memberikan hormat pada Jokowi, sementara RI 1 memberikan salam. Terlihat penampilan Luhut mengenakan kaus dan celana panjang abu-abu dengan rambut berwarna putih.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement