Sabtu 04 Nov 2023 10:25 WIB

Gibran Bersama Sekjen Gerinda Bertemu Habib Jindan dan Habib Ali Kwitang 

Pertemuan para tokoh di Masjid Sheikh Zayed tidak membahas politik

Rep: Febrian A, C02/ Red: Nashih Nashrullah
Masjid Raya Sheikh Zayed, Solo, Jawa Tengah (ilustrasi). Pertemuan para tokoh di Masjid Sheikh Zayed tidak membahas politik
Foto: ANTARA FOTO/Mohammad Ayudha
Masjid Raya Sheikh Zayed, Solo, Jawa Tengah (ilustrasi). Pertemuan para tokoh di Masjid Sheikh Zayed tidak membahas politik

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Calon wakil presiden pendamping, Gibran Rakabuming bertemu dengan Sekjen Partai Gerindra Ahmad Muzani. Pertemuan yang tak direncanakan itu terjadi ketika keduanya usai melaksanakan sholat Jumat berjamaah di Masjid Syeikh Zayed, Kota Solo, Jumat (3/11/2033). 

Dalam kesempatan itu, Gibran dan Muzani juga secara kebetulan bertemu dengan Habib Ali Kwitang dan pimpinan Yayasan Al Fachriyah, Tangerang, Banten, Habib Jindan Bin Novel. Mereka lantas bersilaturahim dan berdiskusi di sana.  

Baca Juga

"Saya bersyukur sekali karena hari Jumat berkah ini adalah hari yang baik dan kita bisa bersilaturahim dengan Mas Gibran bersama para habaib yang sangat dicintai masyarakat dan umat yaitu Habib Jindan dan Habib Ali Kwitang," kata Muzani dalam keterangannya yang diterima di Jakarta, Jumat.  

Muzani mengatakan, tidak ada pembicaraan politik dalam pertemuan itu. Topik diskusi hanya terkait nilai-nilai keagamaan dan kebangsaan. Pembicaraan hanya semata-mata untuk mewujudkan negara Indonesia yang baldatun thayyibatun wa rabbun ghofur.  

 

"Tadi para habaib berpesan kepada kami-kami semua agar senantiasa menjaga persatuan dan kesatuan. Menjaga ukhuwah islamiyah di antara pemimpin dan rakyatnya. Karena itu menjadi nilai-nilai yang penting untuk dilaksanakan dalam berbangsa dan bernegara," ujar Muzani.  

Muzani mengatakan, dirinya terbang ke Solo untuk menghadiri haul Habib Solo yang akan berlangsung pada Sabtu. Dia mengaku selalu berusaha untuk hadir di haul Habib Solo sejak beberapa tahun lalu.  

"Saya sebagai pimpinan MPR dan pimpinan Partai Gerindra selalu menyempatkan hadir di Haul Solo sejak beberapa tahun lalu. Ini menjadi sebuah ajang silaturahim yang penting antara pemimpin, pemuka agama, dan masyarakat," kata Muzani. 

Sementara itu, Direktur operasional Masjid Sheikh Zayed, Munajat mengatakan pertemuan tersebut juga diikuti pengurus Masjid Zayed. Dimana hadir juga habib Ali Kwitang di pertemuan tersebut.  

"Sebelum sholat Jumat sebentar nunggu adzan 5 menit, setelah itu kita jamu makan di VIP bareng-bareng dengan takmir dengan Habib Ali Kwitang sama Habib Jindan, (Ahmad Muzani?) Ada juga," kata Munajat ketika dihubungi, Jumat (3/11/2023).  

Pihaknya mengatakan ada kemungkinan kehadiran para habib itu untuk menghadiri Haul habib Ali bin Muhammad Alhabsyi. "Iya kayaknya lagi di Solo wong Habib Ali dengan pak Sekjen Gerindra Ahmad Muzani. (Ngepasi haul habib) Iya kan haul di Solo ngepasi itu pada datang itu kayaknya nginep di sini," katanya. 

Pihaknya mengatakan selama pertemuan tersebut hanya membahas terkait Masjid Raya Sheikh Zayed dan rencana pembangunan Islamic Center. 

Baca juga: Semangka yang Jadi Simbol Perlawanan Rakyat Palestina Disebutkan dalam Alquran?

"Obrolan kebanyakan masjid dan islamic center, itu saja. Kalau doa yang diberikan hanya doa yang universal untuk negara tentram dan damai. Nggak ada yang soal politik setahu saya," katanya. 

Di sisi lain, pihaknya mengatakan Gibran memang sering datang ke Zayed untuk shalat Jumat. Dan kebetulan itu ada tamu dari Jakarta. 

"Mas Wali memang rutin ke Masjid Zayed. Rutin, sebelum ke Jakarta itu juga mampir ini juga mampir. Tadi bilang mau sholat, terus saja jawab kalau ada tamu juga dari Jakarta, ya udah silaturahim sekalian mas wali jawab gitu," katanya. 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement