Kamis 02 Nov 2023 21:58 WIB

Bappenas dan USAID Kerja Sama Selenggarakan Magang untuk 18 ASN Papua Barat

Bappenas dan USAID berkomitmen membangun SDM di Papua Barat.

Paparan USAID dan Bapenas terkait OJT

Pusat Pembinaan, Pendidikan, dan Pelatihan Perencana (Pusbindiklatren) Kementerian PPN/Bappenas menginisiasi program magang/OJT (On the Job Training) sejak tahun 2003. OJT adalah program pengembangan SDM dengan menggunakan metode belajar sambil bekerja di institusi mitra yang terkait langsung dan tidak langsung di bidang perencanaan pembangunan.

Pusbindiklatren Bappenas mengembangkan program OJT baik dari segi tema/topik, jenis, dan institusi mitra. OJT/Magang terdiri dari tiga jenis, yaitu: Reguler, Kolaborasi, dan Penelitian Kebijakan. 

Secara umum, program OJT bertujuan untuk meningkatkan kapasitas ASN Perencana di bidang perencanaan pembangunan melalui pengalaman bekerja secara langsung di Kementerian PPN/Bappenas maupun institusi-institusi mitra lain yang terlibat secara langsung maupun tidak langsung di bidang perencanaan pembangunan.

USAID Kolaborasi merupakan sebuah program peningkatan kapasitas tata kelola pemerintahan dan partisipasi masyarakat dalam pembangunan daerah di Provinsi Papua dan Papua Barat selama 5 tahun pada 2022 -2027. Program ini bertujuan untuk meningkatkan optimalisasi pengelolaan dana Otonomi Khusus (Otsus) yang tepat sasaran sehingga dapat mempercepat peningkatan kesejahteraan masyarakat, khususnya Orang Asli Papua (OAP). 

 

USAID Kolaborasi merupakan program hasil desain bersama dengan Bappenas dan Kementerian Dalam Negeri. Program ini  mendapatkan pendanaan 10 juta dolar dari Pemerintah Amerika Serikat (AS) melalui United States Agency for International Deveploment (USAID). Implementasi program dilakukan oleh Wahana Visi Indonesia (WVI) bersama INFID dan Yayasan Kitong Bisa (KBF). 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement