Kamis 02 Nov 2023 22:00 WIB

Dua Juta Orang Diperkirakan Banjiri Monas untuk Aksi Bela Palestina pada Ahad

Aksi bela Palestina akan diikuti ormas lintas keagamaan dan instansi nasional.

Rep: Ratna Ajeng Tejomukti/ Red: Agus raharjo
Suasana konferensi pers Aksi Bela Palestina yang diinisiasi sejumlah organisasi keagamaan yang berlangsung di Kantor MUI, Jakarta. Kamis (2/11/2023).
Foto:

Kiai Cholil mengatkan aksi ini untuk mengutuk tindakan keji Israel terhadap rakyat Palestina baru-baru ini. Menurut dia, tindakan tersebut sudah menyangkut kemanusiaan dan bukan lagi persoalan agama.

Dia berharap ada respons dari negara-negara yang tergabung dalam Organisasi Kerja sama Islam (OKI) maupun negara lainnya untuk bergerak membantu Palestina. "Kita suarakan kepada dunia bahwa masyarakat Indonesia semua lapisannya menolak, marah dan mengutuk penjajahan Israel itu," tegas dia.

Kiai Cholil juga mengimbau setiap ormas baik keagamaan maupun sosial bisa hadir pada aksi tersebut. Dia juga tidak mempersoalkan tiap-tiap ormas membawa atribut masing-masing, asal tak bertentangan dengan NKRI dan tak memprovokasi.

"Kami tak mau ada bendera atribut yang bertentangan dengan NKRI kita. Tak boleh ada yang provokasi," kata dia.

Sekretaris Persekutuan Gereja-gereja Indonesia (PGI) Jimmy Sormin sekaligus Sekretaris Korlap Aksi juga mendukung digelarnya Aksi Bela Palestina ini. Ia mengatakan PGI selama ini sudah menjadi penggerak secara global yang menolak penjajahan terhadap bangsa Palestina.

"Persoalan ini bukan persoalan keagamaan yang disampaikan sebagian kelompok. Padahal di Gaza sendiri ada gereja tertua yang dibom oleh rudal oleh Israel warga Kristen juga banyak meregang nyawa atas serangan Israel tersebut," kata Jimmy.

Dalam Konferensi Pers di MUI hadir pula Ketua MPR Hidayat Nur Wahid, Sekjen MUI Buya Amirsyah Tambunan, Ketua Wahdah Islamiyah KH Zaitun Rasmin, dan perwakilan dari tokoh-tokoh lintas agama.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement