Rabu 01 Nov 2023 21:18 WIB

Tiga Cawapres Diagendakan Bertemu Wapres Ma'ruf pada Senin Depan

Kompetisi boleh, tapi jangan sampai menciptakan suasana pembelahan di masyarakat.

Rep: Fauziah Mursid/ Red: Erik Purnama Putra
Juru Bicara Wakil Presiden KH Maruf Amin, Masduki Baidlowi.
Foto: Republika/Fauziah Mursid
Juru Bicara Wakil Presiden KH Maruf Amin, Masduki Baidlowi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wakil Presiden (Wapres) KH Ma’ruf Amin akan bertemu dengan tiga calon wakil presiden (cawapres) peserta Pilpres 2024 di Istana Wapres, Jalan Medan Merdeka Nomor 6, Jakarta Pusat pada Senin (6/11/2023). Kegiatan itu mengikuti agenda Presiden Jokowi yang sudah mengundang tiga capres untuk makan siang bersama.

Kabar itu diungkapkan Juru Bicara (Jubir) Wapres Masduki Baidlowi dalam keterangan persnya usai mendampingi Wapres pada pertemuan dengan Menteri Keamanan Publik Republik Rakyat Cina (RRC) Wang Xiaohong di Istana Wapres, Rabu (01/11/2023). 

Baca Juga

"Direncanakan Wakil Presiden akan menerima ketiga bacawapres pada hari Senin (dan) akan makan siang bersama di Istana Wapres," kata Masduki kepada wartawan.

Masduki menyampaikan, materi pembicaraan pada pertemuan nanti terkait upaya menciptakan suasana damai dan kompetisi sehat dalam Pemilu 2024. Hal itu juga yang ditekankan Wapres Ma'ruf selama ini.

“Kompetisi boleh, tapi jangan sampai menciptakan suasana pembelahan di masyarakat, dan itu adalah upaya yang baik, (sekaligus) silaturahim," terangnya. 

Menurut Masduki, pertemuan Wapres dengan ketiga cawapres semula diagendakan bersamaan dengan pertemuan Presiden Jokowi dengan para capres pada Senin (30/10/2023), tetapi di lokasi yang berbeda. Namun, karena para cawapres memiliki agenda masing-masing, pertemuan itu ditunda hingga Senin mendatang. 

"Kemudian Presiden menyelenggarakan terlebih dahulu dan Wakil Presiden menyelenggarakan kemudian," ujar Masduki.

“Dan juga waktu itu (Wapres) ada kunjungan ke Jambi, bahkan hakikatnya yang diinginkan (pertemuan berlangsung) pada hari ini sebenarnya, tetapi lagi-lagi tidak bisa karena ada beberapa agenda dan kemudian akhirnya diputuskan pada hari Senin, makan siang bersama," kata Masduki menambahkan.

Meskipun waktunya berubah, Masduki memastikan, urgensi dan tujuan pertemuan tetap sama, yakni sebagai upaya untuk menciptakan suasana sejuk dan damai menjelang Pemilu 2024. Dia menyebut, RI 2 tidak ingin pelaksanaan pemilu diwarnai gontok-gontokan.

"Bagaimana kita berkompetisi, berdemokrasi, tetapi semuanya dengan suasana yang dingin. Berkompetisi oke, tetapi suasana dingin, kira-kira seperti itu targetnya," katanya.

Masduki memastikan, para caawapres telah dihubungi dan semuanya memiliki keluangan waktu untuk bertemu Wapres pada Senin. Ketiganya adalah Abdul Muhaimin Iskandar, Mahfud MD, dan Gibran Rakabuming Raka. "Sudah disampaikan ke masing-masing bacawapres dan ketiga-tiganya sudah oke, sudah terkonfirmasi,” katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement