Rabu 01 Nov 2023 13:01 WIB

Presiden: Jam Terbang Jenderal Agus Penuhi Syarat Calon Panglima TNI

Agus akan menggantikan Laksamana TNI Yudo Margono yang akan pensiun.

Presiden Joko Widodo
Foto: tangkapan layar
Presiden Joko Widodo

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkapkan jam terbang Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Agus Subiyanto saat bertugas di teritorial, di administratif, dan di akademis memenuhi syarat untuk dicalonkan menjadi Panglima TNI. Agus akan menggantikan Laksamana TNI Yudo Margono yang akan pensiun.

"Pertama, beliau kan Wakasad (Wakil Kepala Staf TNI AD), kemudian menjadi Kasad (Kepala Staf TNI AD). Tetapi kalau melihat jam terbangnya di teritorial, di administratif, di akademis, ini memenuhi semuanya," kata Jokowi selepas melakukan groundbreaking pembangunan Bandara IKN, Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Rabu.

Baca Juga

Ketika ditanya siapa yang akan menggantikan Agus sebagai KSAD? Jokowi mengaku belum membuat keputusan. Ia masih menunggu proses persetujuan Agus menjadi Panglima TNI di DPR. "Ya belum, satu-satu. Ini (Panglima TNI) perlu memperoleh persetujuan dari DPR terlebih dahulu, baru setelah ada persetujuan kita berpikir KSAD yang baru," ujarnya.

Presiden telah mengirimkan surat presiden (surpres) tentang penunjukan Jenderal TNI Agus Subiyanto sebagai calon Panglima TNI kepada DPR RI.

"Saya akan mengumumkan calon pengganti dari Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono, nama yang diusulkan oleh Presiden adalah Jenderal TNI Agus Subiyanto yang saat ini menjabat sebagai Kepala Staf TNI Angkatan Darat," kata Ketua DPR RI Puan Maharani di Kompleks Parlemen, Jakarta, Selasa (31/10).

Laksamana TNI Yudo Margono akan memasuki masa pensiun pada 26 November 2023. DPR akan segera menindaklanjuti usul pergantian Panglima TNI tersebut, dengan mekanisme yang ada yaitu melalui tahapan uji kepatutan dan kelayakan (fit and proper test) terhadap Jenderal TNI Agus Subiyanto sebagai calon Panglima TNI.

Sebelum diajukan sebagai calon Panglima TNI, Agus Subiyanto yang merupakan mantan Komandan Pasukan Pengamanan Presiden (Danpaspampres) baru saja dilantik sebagai Kasad yang baru pada pekan lalu atau Rabu (25/10) untuk menggantikan Jenderal TNI Dudung Abdurachman yang memasuki masa pensiun.

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement