Rabu 01 Nov 2023 07:20 WIB

Analis: Dekat Rakyat Kecil, Buat Elektabilitas Prabowo Tinggi

Kerja nyata Prabowo melakukan pengeboram air bersih melalui Kementerian Pertahanan.

Menhan sekaligus Ketum DPP Partai Gerindra, Prabowo Subianto saat meresmikan pengeboran air bersih di Desa Suro, Kecamatan Kalibagor, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, Ahad (28/10/2023).
Foto: Dok Kemenhan
Menhan sekaligus Ketum DPP Partai Gerindra, Prabowo Subianto saat meresmikan pengeboran air bersih di Desa Suro, Kecamatan Kalibagor, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, Ahad (28/10/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Calon presiden (capres) Prabowo Subianto dinilai sebagai sosok pemimpin yang dekat dengan rakyat kecil. Hal tersebut berdampak Prabowo semakin dicintai oleh masyarakat luas.

Direktur Citra Publik Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA, Hanggoro Doso Pamungkas menilai, kedekatan Prabowo dengan rakyat kecil membuat elektabilitas menteri pertahanan itu menjadi tinggi dalam hasil rilis berbagai lembaga survei.

"Prabowo unggul disebabkan lead di segmen-segmen besar, seperti masyarakat akar rumput," kata Hanggoro dalam siaran di Jakarta dikutip Rabu (1/11/2023).

Dalam berbagai survei, Prabowo memang sangat diunggulkan dibandingkan capres lainnya. Misalnya, dari survei Indikator Politik Indonesia (IPI) terbaru, elektabilitas Prabowo di posisi pertama meraih 37 persen, unggul dari capres PDIP Ganjar Pranowo yang hanya mendapatkan 34,8 persen dan capres Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP) Anies Rasyid Baswedan di angka 22,3 persen.

Lembaga Survei Indonesia (LSI) juga merekam elektabilitas Prabowo di peringkat pertama dengan raihan 35,8 persen. Torehan tersebut mengalahkan Ganjar dengan 30,9 persen dan Anies di posisi buncit 19,7 persen. "Memang dalam berbagai survei, Prabowo selalu unggul dibanding yang lain," ujar Hanggoro.

Salah satu hal yang membuat Prabowo unggul di kalangan rakyat kecil karena karakternya yang semakin humanis dan merakyat. Hal itu mampu membuat Prabowo mendapatkan simpati dari masyarakat. Apalagi Prabowo juga bekerja nyata dengan meningkatkan kualitas hidup masyarakat. 

Kerja nyata tersebut terlihat dengan program pengeboran air bersih yang dilakukan oleh Prabowo melalui Kementerian Pertahanan. "Prabowo lebih mudah mendapat simpati karena sifatnya yang semakin lembut dan disukai masyarakat," ucap Hanggoro.

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement