Senin 30 Oct 2023 21:12 WIB

Merayakan Gastronomi Keanekaragaman Kuliner Indonesia Era Majapahit

Makan malam disajikan dengan dekorasi ramah lingkungan dan pertunjukan tarian.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Erik Purnama Putra
Apurva Kempinski Bali mempersembahkan jamuan makan dan pesta mewah bertajuk Majapahit Imperial Dining.
Foto: Republika.co.id
Apurva Kempinski Bali mempersembahkan jamuan makan dan pesta mewah bertajuk Majapahit Imperial Dining.

REPUBLIKA.CO.ID, BADUNG -- Sebagai penghormatan atas inspirasi Kerajaan Majapahit dan perayaan Powerful Indonesia, Apurva Kempinski Bali mempersembahkan 'Majapahit Imperial Dining'. Kegiatan tersebut merupakan hasil kolaborasi dengan Javara Indonesia.

Sebuah perjalanan kuliner luar biasa yang dipandu oleh kearifan Jawa kuno 'Mitreka Satata' untuk hubungan harmonis antara manusia dan alam, sekaligus melestarikan keanekaragaman hayati kuliner Indonesia. Hal itu merupakan sebuah perayaan gastronomi di seluruh nusantara yang pernah menghiasi meja raja-raja Majapahit.

Makan malam disajikan dengan dekorasi artisanal yang ramah lingkungan dan pertunjukan tarian yang mempesona untuk meningkatkan perjalanan pengalaman menarik yang di masa kerajaaan. Kerajaan Majapahit terkenal dengan jamuan makan dan pestanya yang mewah, yaitu masakan dibuat dengan presentasi yang rumit dan dekoratif untuk acara-acara khusus, upacara, dan ritual keagamaan.

Masakan tersebut merupakan mosaik pengaruh masakan Indonesia, India, Cina, dan Arab, yang mencerminkan perdagangan dan pertukaran budaya pada masanya. Kerajaan ini, yang berkembang pesat dari akhir abad ke-13 hingga awal abad ke-16, terkenal karena praktik pertaniannya yang canggih.

 

Di The Apurva Kempinski Bali, sustainability adalah inti dari setiap campaign yang dijalankan. General Manager The Apurva Kempinski Bali, Vincent Guironnet menjelaskan, pihaknya sangat senang mempersembahkan acara tersebut sebagai bukti komitmen dalam melestarikan dan menghormati warisan budaya Indonesia.

"Melalui program ini, kami mengundang para tamu untuk menikmati pengalaman tak terlupakan yang menggabungkan sejarah, cita rasa, dan tradisi sambil menikmati esensi masa lalu Indonesia yang ditinggikan dengan pertunjukan unik," kata Vincent di Nusa Dua, Kabupaten Badung, Provinsi Bali, Senin (30/10/2023).

Pendiri Javara Indonesia, Helianti Hilman menyampaikan, pihaknya berterima kasih kepada The Apurva Kempinski Bali yang telah bermitra dalam melestarikan kekayaan warisan kuliner Indonesia. Menurut dia, acara itu lebih dari sekadar hidangan, namun merupakan penghormatan terhadap sejarah cita rasa yang diwariskan dari generasi ke generasi.

"Melalui pesta ini, kami menghormati masa lalu kami dan memastikan warisan budaya kami terus berkembang. Apresiasi kami yang sebesar-besarnya kepada The Apurva Kempinski Bali dan semua yang bergabung dengan kami, menikmati esensi Indonesia yang kuat," ucap Helianti.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement