Senin 30 Oct 2023 14:51 WIB

Sebut Presenter Pakai Syal Palestina Langgar Kode Etik, Ini Klarifikasi Waka Dewan Pers

Waka Dewan Pers bantah sebut presenter TV One pakai syal Palestina langgar kode etik.

Rep: Rizky Suryarandika/ Red: Bilal Ramadhan
Sejumlah Anggota DPR dengan menggunakan syal Palestina sebelum mengikuti rapat Paripurna. Waka Dewan Pers bantah sebut presenter TV One pakai syal Palestina langgar kode etik.
Foto:

Agung juga memandang ekspresi keberpihakan terhadap kemanusiaan boleh dilakukan siapapun termasuk seorang jurnalis. Hanya saja, Agung menekankan prinsip-prinsip jurnalistik tetap harus tercermin dari produk jurnalistik. 

"Pelanggaran etik bisa diukur dari karya jurnalistik bukan dari simbol. Apakah karya jurnalistik yang disajikan sesuai dengan kode etik jurnalistik atau tidak?" ujar Agung. 

Agung tak mempermasalahkan keberpihakan jurnalis dalam isu kemanusiaan. Walau demikian, keberpihakan itu perlu ditopang dengan kepatuhan terhadap kode etik jurnalistik saat akan membuat produk jurnalistik.

 

"Jadi keberpihakan seorang jurnalis dalam kemanusiaan tidak ada masalah tetapi konten berita harus berimbang, terverifikasi dll. Kecuali TV One misalkan presenternya mengajak dalam narasi menyertakan personal naratif," ujar Agung.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement