Jumat 27 Oct 2023 19:53 WIB

Jokowi Cek Langsung Perbaikan Jalan di Lampung

Pemprov Lampung tak pernah memperbaiki jalan selama belasan tahun.

Rep: Mursalin Yasland/ Red: Muhammad Hafil
Tangkapan Layar Presiden Joko Widodo mengecek progres perbaikan ruas Jalan Rumbia di Kabupaten Lampung Tengah, Jumat (27/10/2023).
Foto: Tangkapan Layar
Tangkapan Layar Presiden Joko Widodo mengecek progres perbaikan ruas Jalan Rumbia di Kabupaten Lampung Tengah, Jumat (27/10/2023).

REPUBLIKA.CO.ID,BANDAR LAMPUNG – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengecek langsung perbaikan jalan ruas Rumbia, Kabupaten Lampung Tengah, Lampung, Jumat (27/10/2023). Jalan Rumbia yang puluhan tahun rusak berlubang tidak pernah diperbaiki pemerintah ini sempat viral setelah dikritik Tiktoker Bima Yudho Saputro di medsos.

Dalam kunjungan kerjanya dua hari di Lampung, Jokowi meninjau langsung progres perbaikan Jalan Rumbia yang saat ini rampung sekitar 50-60 persen dengan rigid beton. Jokowi sempat membuka penutup plastik coran semen jalan yang masih basah tersebut, untuk memastikan perbaikan masih sedang berlangsung.

Baca Juga

Jalan ruas Rumbia ini, sempat dilihat langsung Presiden Jokowi bersama dua menteri pada 5 Mei 2023, setelah video jalan rusak di Lampung sempat viral di medsos berapa pekan lamanya. Jokowi memerintahkan Menteri PUPR Basuki Hadi Muljono menggelontorkan anggaran untuk perbaikan jalan-jalan di daerah Lampung sebanyak 17 ruas.

“Semuanya sudah mulus, di dalam mobil bisa tidur,” kata Presiden Jokowi saat ditanya wartawan, Jumat (27/10/2023).

 

Pada kunjungannya enam bulan lalu, Jokowi sempat berseloroh kepada wartawan bahwa dirinya berada dalam mobil bisa “tidur nyenyak” saat melintasi jalan rusak di wilayah Lampung, bersama dua menteri dan Gubernur Lampung Arinal Djunaidi yang mendampinginya.

Sindiran Jokowi tersebut membuatnya mengambil alih perbaikan jalan rusak di Lampung dan memberikan perhatian khusus pada jalan-jalan menjadi akses ekonomi rakyat  segera diperbaiki. Jokowi mengatakan siap menggelontorkan anggaran dari pemerintah pusat sebesar Rp 800 miliar.

Menurut Jokowi, progres perbaikan ruas Jalan Rumbia di Kabupaten Lampung Tengah dilakukan secara rigid beton dengan ketebalan mencapai 30 cm. “Tebalnya 30 cm, jadi awet,” kata Jokowi.

Sebelumnya, kunker Presiden Jokowi di Lampung ketika tiba memberikan bantuan pangan beras kepada keluarga penerima manfaat di Gudang Bulog, Campang Raya, Bandar Lampung, Kamis (26/10/2023) petanga. Selanjutnya sebelum beristirahat di Hotel Novotel, Bandar Lampung, Presiden mengadakan pertemuan dan dialog secara tertutup bersama 12 orang perwakilan tokoh agama, tokoh masyaraka, akademisi, dan organisasi  pemuda, petani dan nelayan.

Setelah meninjau jalan rusak di Rumbia, Lampung Tengah, Presiden dan rombongan singgah di SMKN 3 Kota Metro. Setelah makan siang dilanjutkan Shalat Jumat di Masjid Al Aqsho, Kabupaten Lampung Timur, presiden dan rombongan selanjutnya menuju Bandara Radin Inten II Branti, untuk terbang ke Jakarta.

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement