Rabu 25 Oct 2023 15:34 WIB

23 Orang Meninggal Kasus Kelaparan, Wapres Perintahkan Kirim Bantuan ke Yahukimo

Wapres menegaskan pemerintah akan menyiapkan lumbung pangan untuk masyarakat Papua.

Rep: Fauziah Mursid, Bambang Noroyono/ Red: Agus raharjo
Wakil Presiden KH Maruf Amin memanggil Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum Keamanan, Panglima TNI, BNPB, dan Bulog terkait penanganan kasus kekeringan dan kelaparan di Kabupaten Puncak, Papua Tengah, Rabu (2/8/2023).
Foto:

Ia mengatakan, pengiriman bantuan pangan dan sandang, serta lainnya memang mengalir deras dari semua penjuru ke masyarakat korban. Tetapi, konsentrasi perbantuan masih berada di pengungsian di Distrik Sinak. Sementara, kata Yones, diperkirakan masih ada ratusan warga di Agundugame, Lambewi, dan Oneri yang belum turun dan memilih bertahan.

Namun Yones memaklumi, pengiriman bantuan ke tiga wilayah kekeringan itu, bukan perkara yang sepele. Terutama dikatakan dia ke Lambewi, dan ke Oneri yang hanya bisa dicapai melalui akses darat. Pun jika ditempuh dengan kendaraan jelajah via darat, tetap dikatakan dia, memakan waktu seharian untuk sampai.

“Perbantuan dari mana-mana datang itu dikumpulkan di Sinak. Dari Sinak untuk sampai ke masyarakat yang kelaparan di atas, itu memang sangat sulit sekali,” kata dia.

Sulitnya akses ke wilayah bencana itu, dikatakan Yones semakin lengkap karena tak ada saluran komunikasi yang dapat memberikan informasi akurat tentang kondisi. Pun juga berapa jumlah warga yang meninggal dunia akibat kelaparan di Agundugame, Lambewi, maupun di Oneri.

photo
KELAPARAN BERULANG DI PAPUA - (Republika)

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement