Rabu 25 Oct 2023 15:34 WIB

23 Orang Meninggal Kasus Kelaparan, Wapres Perintahkan Kirim Bantuan ke Yahukimo

Wapres menegaskan pemerintah akan menyiapkan lumbung pangan untuk masyarakat Papua.

Rep: Fauziah Mursid, Bambang Noroyono/ Red: Agus raharjo
Wakil Presiden KH Maruf Amin memanggil Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum Keamanan, Panglima TNI, BNPB, dan Bulog terkait penanganan kasus kekeringan dan kelaparan di Kabupaten Puncak, Papua Tengah, Rabu (2/8/2023).
Foto:

"Jadi saya akan terus mengawasi penyiapan jangka panjang supaya nggak terjadi pengurangan," katanya lagi.

Sebelumnya, bencana kelaparan melanda di tiga wilayah terdampak kekeringan di Kabupaten Puncak, Papua Tengah. Tokoh Gereja Kingmi di Nabire Yones Douw mengungkapkan, korban meninggal dunia akibat bencana kehilangan sumber panganan di Distrik Agandugame, Lambewi, dan Oneri diyakininya lebih dari enam orang.

Pun kata dia, pengiriman perbantuan dan logistik untuk masyarakat masih tersendat. “Kalau pemerintah bilang korban meninggal itu ada enam (orang), informasi yang kami terima dari gereja-gereja, dan relawan-relawan itu jumlahnya (korban) lebih dari 10-orang (yang meninggal),” kata Yones saat dihubungi Republika.co.id dari Jakarta, Jumat (18/8/2023).

Yones mengaku turut datang ke distrik induk di Sinak beberapa waktu lalu untuk membantu pengiriman logistik ke masyarakat yang mengungsi. Pun untuk memberikan pengiriman bantuan via darat ke wilayah atas, di Puncak. Dari relawan-relawan yang berada di posko utama pengungsian itu, kata Yones, korban kelaparan akibat kekeringan di wilayah bencana terus bertambah.

“Gereja-gereja sudah kasih informasi ke pemerintah. Seharusnya pemerintah umumkan berapa korban yang kelaparan, berapa korban mengungsi, berapa korban yang sudah meninggal sebenarnya,” ujar Yones.

Atas nama komunitas gerejanya, Yones menegaskan, tak ingin bencana kekeringan yang berujung pada kelaparan masyarakat di Puncak, dianggap sepele dengan jumlah korban meninggal yang cuma enam orang. “Data enam orang meninggal itu untuk supaya masalah ini (kelaparan) tidak menjadi serius. Yang terjadi sebenarnya lebih dari pada itu,” ujar Yones.

Akses penyaluran bantuan sulit...

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement