Selasa 24 Oct 2023 18:41 WIB

LSI Denny JA: Prabowo-Gibran Masuk Putaran Dua dan Ungguli Ganjar-Mahfud

Dalam simulasi putaran kedua, pasangan Prabowo-Gibran mengalahkan Ganjar-Mahfud.

Rep: Fauziah Mursid/ Red: Erik Purnama Putra
Ketua Umum DPP Partai Gerindra Prabowo Subianto saat menghadiri acara Rapat Pimpinan Nasional Partai Gerindra di Hotel Dharmawangsa, Jakarta Selatan, Senin (23/10/2023).
Foto: Republika/Thoudy Badai
Ketua Umum DPP Partai Gerindra Prabowo Subianto saat menghadiri acara Rapat Pimpinan Nasional Partai Gerindra di Hotel Dharmawangsa, Jakarta Selatan, Senin (23/10/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Elektabilitas pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming masih unggul untuk sementara daripada pasangan lawan, yaitu Ganjar Pranowo-Mahfud MD dan Anies Rasyid Baswedan-Muhaimin pada Pilpres 2024. Bahkan, pasangan Prabowo-Gibran diprediksi lolos ke putaran kedua.

Berdasarkan survei LSI Denny JA dengan 1.200 responden dalam rentang waktu 4-12 September 2023 atau sebelum Mahkamah Konstitusi (MK) memutuskan batas usia capres-cawapres, pasangan Prabowo-Gibran meraih elektabilitas 39,3 persen. Adapun pasangan Ganjar-Mahfud dengan 36,9 persen dan Anies-Muhaimin 15 persen.

Baca Juga

"Selisih Prabowo-Gibran dengan pesaing terdekatnya yaitu Ganjar-Mahfud, sebesar 2,4 persen. Selisih antara Prabowo-Gibran dengan Anies-Muhaimin sebesar 24,3 persen. Adapun selisih antara Ganjar-Mahfud dengan Anies-Muhaimin sebesar 21,9 persen," ujar peneliti LSI Denny JA Hanggoro Doso Pamungkas dalam keterangannya di Jakarta, Selasa (24/10/2023).

Jika pilpres dilakukan saat hari survei dilakukan, kata dia, Prabowo-Gibran dan Ganjar-Mahfud dipastikan masuk ke putaran kedua. Berdasarkan survei, dalam simulasi putaran kedua, Prabowo-Gibran mampu mengalahkan Ganjar-Mahfud masing-masing 52,5 persen dan 44,4 persen atau selisih 8,1 persen.

Menurut Hanggoro, keunggulan Prabowo-Gibran antara lain di pemilih dengan segmen ekonomi pendapatan di bawah Rp 2 juta dan pendapatan Rp 2 juta-Rp 4 juta masing-masing 39,5 persen dan 39,3 persen. Untuk pendapatan di atas Rp 4 juta per bulan, masyarakat banyak memilih Ganjar-Mahfud di angka 37,9 persen.

Untuk di segmen pendidikan, Prabowo-Gibran unggul di masyarakat dengan tamatan SD ke bawah dan SMP sederajat. Sedangkan segmen pendidikan SMA sederajat, D3 ke atas paling banyak memilih Ganjar-Mahfud.

Sementara di segmen gender, baik pemilih laki-laki maupun perempuan pilihan paling banyak kepada Prabowo-Gibran masing-masing 40 persen dan 38,5 persen. Hanggoro menyebut, pemilih yang beragama Islam, paling banyak memilih pasangan Prabowo-Gibran 41,2 persen.

"Di pemilih yang beragama non-Islam, pilihan paling banyak kepada Ganjar-Mahfud 57,7 persen dan bagi Anies-Muhaimin, pemilih non-Islam yang mendukung mereka satu persen," ujarnya.

Survei LSI Denny JA dilakukan dengan wawancara tatap muka langsung menggunakan kuesioner ke 1.200 responden selama 4-12 September 2023. Margin of error dari survei tersebut sebesar 2,9 persen.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement