Senin 23 Oct 2023 10:23 WIB

Relawan Kiai dan Nyai Ganjar Ajak Majelis Taklim se-Jaksel Berwisata Religi

Para kiai, nyai, dan ustadz diberi materi tentang ilmu grafologi.

Wisata religi dengan tajuk Ziarah Asyik ke Makam Keramat Habib Luar Batang Jakarta dan Makam Keramat Empang Bogor, Jawa Barat.
Foto: Dok. Web
Wisata religi dengan tajuk Ziarah Asyik ke Makam Keramat Habib Luar Batang Jakarta dan Makam Keramat Empang Bogor, Jawa Barat.

REPUBLIKA.CO.ID, DKI JAKARTA -- Kiai dan Nyai Se-Jakarta Selatan mengajak ratusan majelis taklim di DKI Jakarta berwisata religi dengan tajuk Ziarah Asyik ke Makam Keramat Habib Luar Batang Jakarta dan Makam Keramat Empang Bogor, Jawa Barat. 

KH Sugeng Umaedi selaku pimpinan Majelis taklim Assabiliyah Jakarta mengapresiasi hadirnya Sukarelawan Kiai dan Nyai Se-Jaksel Dukung Ganjar atas digelarnya ziarah ke makam wali Allah tersebut.

Baca Juga

"Pada kesempatan hari ini, kami bersama-sama dengan sekitar 100 Majelis taklim se-DKI yang saat ini berziarah di dua tempat, pertama di Makam Habib Luar Batang dan Makam Keramat Empang Bogor," kata dia, seperti dinukil pada Senin (22/10/2023). 

Kiai Sugeng menjelaskan berziarah menjadi salah satu cara untuk mengingat jasa ulama yang telah memberikan sumbangsih ilmu agama yang sangat berharga bagi setiap muridnya.

 

"Pentingnya berziarah mendekatkan diri kepada ulama, mengingat ulama yang berjasa, ilmunya yang sangat bermanfaat bagi kita. Jangankan ulama yang masih hidup, yang sudah meninggal pun kami ziarahi," tuturnya. 

Sugeng mengatakan dirinya bersama ratusan kiai dan ustaz di DKI Jakarta berharap keberkahan dalam ziarah kali ini dan setiap doa yang dipanjatkan dikabulkan oleh Allah.

"Kami mendapat keberkahan sehingga doa-doa yang kami panjatkan dapat dikabulkan oleh Allah," ucapnya.

Sementara itu, KH Rizal Maulana sebagai koordinator Kiai dan Nyai Se-Jakarta Selatan Dukung Ganjar mengatakan ada ratusan kiai, ustaz, pengurus masjid, dan pimpinan majelis taklim se-Jakarta Selatan yang ikut dalam wisata religi tersebut.

"Yang hadir kali ini sekitar 100 kiai dan Ustadz pimpinan Majelis Taklim di DKI Jakarta," ungkapnya.

Kiai Rizal menyatakan, dalam ziarah tersebut, para kiai dan ulama turut membacakan tahlil dan doa untuk kebaikan serta kedamaian Indonesia. 

Diketahui, ada ratusan kiai, ustaz, ustazah pimpinan majelis taklim di DKI Jakarta yang turut hadir dalam wisata religi ini. Misalnya, KH Sugeng Umaedi pimpinan Majelis Taklim (MT) Assabiliyah Jakarta, Kiai Bustanul Arifin pimpinan Majelis Taklim Al Hikmah di Pesanggrahan, KH, Naip Dehir (MT Zahrul Firdaus), KH Rizal Maulana pimpinan Pondok Yatim Mutiara Firdaus Insani, dan KH Hasan Firdaus ketua MT Al Islah.

Selama perjalanan menuju ziarah makam keramat, para kiai, nyai, dan ustadz diberi materi tentang ilmu grafologi untuk membaca karakter seseorang yang dapat dilihat dari tulisan atau tanda tangannya.

 

sumber : Youtube
Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement