Senin 23 Oct 2023 00:02 WIB

Di Mana Gibran Saat Prabowo Umumkan Putra Jokowi Itu Jadi Cawapres?

Baik Prabowo dan elite koalisi bungkam soal keberadaan Gibran.

Bakal calon Presiden Prabowo Subianto didampingi Ketum sejumlah partai Koalisi Indonesia Maju menyampaikan keterangan pers di kediaman Prabowo, Jalan Kertanegara, Jakarta, Ahad (22/10/2023). Dalam keterangannya Prabowo bersama partai Koalisi Indonesia Maju resmi mengumumkan putra sulung Presiden Joko Widodo, Gibran Rakabuming Raka sebagai cawapres pendamping Prabowo dalam Pilpres 2024 dan akan segera mendaftar ke KPU pada Rabu (25/10) mendatang.
Foto:

Gibran yang saat ini menjabat wali kota Solo, diketahui sudah berada di Jakarta sejak Sabtu (21/10/2023). Ia sempat menyambangi Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan kemudian menghadiri Rapimnas Golkar yang mengumumkan dirinya menjadi cawapres Prabowo.

Pada Sabtu malamnya, Gibran menghadiri acara yang digelar relawan bertajuk "Indonesia Memanggil Gibran" di Tugu Proklamasi, Jakarta. Di sela acara itu, Gibran mengakui telah menemui ketua umum partai Koalisi Indonesia Maju.

"Saya tadi bertemu ketum koalisi. Nanti ada kejutan-kejutan berikutnya, di tunggu saja," kata Gibran kepada wartawan di Tugu Proklamasi. 

Pada Ahad (22/10/2023) siang, Gibran menyambangi kediaman Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) di Jakarta. Gibran tiba di kediaman AHY di Jalan Prapanca No 10, Jakarta, pukul 08.23 WIB menumpang mobil Toyota Innova hitam berpelat nomor B-2113-ZZH. Tuan rumah, yang mengenakan atasan berwarna hijau, langsung menyambut kedatangan Gibran di teras.

Keduanya langsung masuk ke dalam rumah dan keluar pada pukul 09.35 WIB. AHY dan Gibran, yang mengenakan atasan batik cokelat keemasan, sempat menyapa rekan-rekan media yang menunggu di luar, tetapi keduanya tidak berkenan menjawab pertanyaan wartawan terkait isi pertemuan dan ihwal kunjungan Gibran ke kediaman AHY.

Kepala Kepala Badan Pembinaan Organisasi, Kaderisasi, dan Keanggotaan (BPOKK) Partai Demokrat, Herman Khaeron, menyampaikan pertemuan antara keduanya berlangsung hangat dan cair, diselingi sarapan bubur ayam bersama.

“(Gibran) silaturahmi dan sarapan pagi, karena Mas Gibran itu mau ke Solo sehingga mampir dulu bertemu dengan Ketum (Ketua Umum) AHY di sini bersilaturahmi. Saya kira cair acaranya. Tadi terlihat bagaimana akrab sebagai (sesama) tokoh muda, akrab, bersilaturahmi,” kata Herman Khaeron menjawab pertanyaan wartawan saat dia ditemui di luar kediaman AHY, Jakarta, Ahad.

Herman melanjutkan dalam pertemuan itu, sambil santap pagi, keduanya juga berdiskusi. Gibran juga sempat meminta waktu kepada AHY untuk bertemu dengan Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono di kediamannya, Cikeas, Jawa Barat.

“Memang Mas Gibran juga minta waktu ketemu dengan Bapak (SBY),” kata Herman Khaeron.

SBY pun menanggapi kabar yang menyebut Gibran ingin menemuinya di Puri Cikeas, Kabupaten Bogor. SBY sendiri mengonfirmasi, dirinya saat ini tengah berada di Jawa Tengah selama tiga hari.

"Tiga hari ini saya ada di Jateng. Saya dapat info, Mas Gibran ingin temui saya dan AHY. Mungkin terkait pencalonan Mas Gibran sebagai cawapres. Silaturahmi Mas Gibran dengan saya dan AHY itu baik," tulis SBY lewat akun X-nya yang sudah terkonfirmasi, dikutip Ahad (22/10/2023).

"Namun, urusan cawapres sepenuhnya menjadi kedaulatan dan kewenangan Pak Prabowo," katanya.

photo
Putusan MK Berubah Setelah Adik Ipar Jokowi Ikut Rapat - (infografis Republika)

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement