Ahad 22 Oct 2023 21:37 WIB

Fun Football Jadi Cara Relawan Ganjartivity Tanamkan Sportivitas Kepada Warga Bandung

Pemuda diajak sportif juga menghadapi pesta demokrasi, Pemilihan Presiden 2024.

Fun Football di Kota Bandung, akhir pekan ini.
Foto: Dok. Web
Fun Football di Kota Bandung, akhir pekan ini.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Permainan olahraga seperti sepakbola mengajarkan masyarakat untuk menerapkan sportivitas dalam kehidupan sehari-hari termasuk menghadapi pesta demokrasi, Pemilihan Presiden 2024.

Untuk itu, para alumni Universitas Teknologi Bandung (ITB), Universitas Padjajaran (Unpad) dan Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) dari kelompok relawan bernama Ganjartivity menggelar Fun Football di Kota Bandung, akhir pekan ini. 

Baca Juga

"Kami ingin bahwa di sini sepakbola jangan sampai dibumbui dengan kekerasan, dengan perbedaan. Saya Ingin melihat bahwa sepakbola ini melihatnya sportivitas. Di Pemilu 2024 itu, kita memperlihatkan juga sportivitas kita," kata Muhamad Dicky Fauzia selaku Ketua Ganjartivity, seperti dinukil pada Ahad (22/10/2023). 

Tahapan Pilpres 2024 saat ini memasuki proses pendaftaran peserta yang telah diikuti pula oleh pasangan Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden, Ganjar Pranowo dan Mahfud MD beberapa waktu lalu.

Seiring dengan tahapan yang terus berjalan, para sukarelawan Ganjartivity mengingatkan masyarakat untuk menjaga sportivitas, khususnya kepada para peserta kegiatan kali ini yang berasal dari berbagai komunitas pemuda di Kota Bandung.

"Sekarang (peserta Pilpres 2024) mengerucut ada tiga calon (Capres-Cawapres) di mana kami juga harus bisa benar-benar menjaga Pemilu ini (berjalan) dengan baik sebagaimana bermain bola ini memperlihatkan sportivitas kita seperti apa," ujar Dicky.

Menurutnya, sportivitas dalam Pilpres 2024 itu bisa ditunjukkan dengan cara menghormati pilihan Capres-Cawapres masing-masing dan tidak melakukan kampanye negatif apalagi ujaran kebencian kepada pihak-pihak yang berbeda pilihan.

Sportivitas itu pun ditunjukkan oleh para peserta kegiatan olahraga yang digelar kelompok sukarelawan Ganjartivity malam itu dengan bertanding secara adil, saling menghormati dan menghindari konflik antarkelompok.

Sosialisasi tentang sportivitas dalam kegiatan kali ini dinilai sangat bermanfaat oleh para pemain juga pendukung tim yang bertanding seperti diakui salah seorang pemuda setempat, Parilla Budi.

"Jarang sekali ada kegiatan kolaborasi hal-hal yang bersifat politis dengan hal-hal yang olahraga. Maka dari itu, pemuda-pemuda di Kota Bandung sangat antusias mengikuti program fun football dari Ganjartivity ini," kata dia mengapresiasi.

Sportivitas dalam bertanding juga menciptakan suasana menyenangkan seperti disampaikan seorang pemain sepakbola dari salah satu tim yang bertanding malam itu bernama Nugroho Adinegoro.

"Pertandingan seru dan ini bagian dari upaya kita untuk bersilaturahim dengan teman-teman Ganjartivity, teman-teman dari komunitas di Bandung, baik tua dan muda lintas usia agar kita menjaga soliditas," katanya.

Nugroho berharap sportivitas tersebut bisa ditunjukkan para pemuda di Kota Bandung maupun seluruh Indonesia dalam aktivitas sehari-hari termasuk dalam menghadapi Pilpres 2024 mendatang.

"Ini jadi upaya kita untuk tetap sehat tetap mengedepankan sportivitas lah dalam berbagai hal tidak hanya sepakbola dan olahraga tapi juga dalam aktivitas lain termasuk juga teman-teman yang bergabung dalam komunitas-komunitas yang ada di Kota Bandung," kata Nugroho. 

Adapun seperti dilansir dari Antara, Berdasarkan Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu (UU Pemilu) pasangan calon presiden dan wakil presiden diusulkan oleh partai politik atau gabungan partai politik peserta pemilu yang memenuhi persyaratan perolehan kursi paling sedikit 20 persen dari jumlah kursi DPR atau memperoleh 25 persen dari suara sah secara nasional pada pemilu anggota DPR sebelumnya.

Saat ini ada 575 kursi di parlemen sehingga pasangan calon presiden dan wakil presiden pada Pilpres 2024 harus memiliki dukungan minimal 115 kursi di DPR RI. Bisa juga pasangan calon diusung oleh parpol atau gabungan parpol peserta Pemilu 2019 dengan total perolehan suara sah minimal 34.992.703 suara.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement