Rabu 18 Oct 2023 09:35 WIB

Lulusan SMA Bisa Dapat Beasiswa dari Empat Jalur Ini, Apa Saja?

Ada sejumlah beasiswa yang ditawarkan perguruan tinggi untuk para lulusan SMA/SMK.

Lulusan SMA/SMK dan sederajat berkesempatan melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi melalui beasiswa.
Foto: Dok. Universitas BSI
Lulusan SMA/SMK dan sederajat berkesempatan melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi melalui beasiswa.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Jalani pendidikan dengan biaya gratis bahkan mendapat uang saku, menjadi impian utama bagi pemburu beasiswa. Melalui beasiswa, lulusan SMA/MA/SMK sederajat berkesempatan melanjutkan pendidikannya ke perguruan tinggi yang menjadi incarannya. 

Banyaknya pilihan beasiswa yang ditawarkan oleh perguruan tinggi, kerap membuat pelajar bingung dalam mengambil keputusan. Lantas, beasiswa seperti apa yang bisa dipilih?

Baca Juga

Berikut rangkuman jenis-jenis beasiswa yang ditawarkan oleh perguruan tinggi.

1. Beasiswa Talenta Digital

Dalam rangka mendukung transformasi digital dan ekonomi digital, Beasiswa Talenta Digital diluncurkan untuk memberikan kesempatan sebesar-besarnya kepada insan kreatif yang berkecimpung dalam dunia digital kreatif seperti Youtuber, Tiktokers, Gamers, Startup Founder, Content Creator dan lainnya. Beberapa perguruan tinggi di Indonesia, juga turut memberikan beasiswa ini salah satunya Kampus Digital Kreatif Universitas BSI (Bina Sarana Informatika). Kampus ini tak hanya memberikan beasiswa kepada influencer, tetapi juga kepada Programmer, Copywriter, Technopreneur, Video editor, Scientist dan lain-lain. 

Selain Universitas BSI, ada pula perguruan tinggi lainnya yang memberikan beasiswa kepada influencer, seperti Universitas Ciputra dengan syarat jumlah followers pada akun media sosialnya, Universitas Nusa Mandiri dengan nama beasiswa Digital Business, Cyber University dengan beasiswanya Cakap Digital, Universitas Pertamina dan masih banyak perguruan tinggi lainnya. 

 

2. Beasiswa Jalur Rapor 

 Sesuai namanya beasiswa ini diperuntukkan untuk siswa/i SMA sederajat yang memiliki nilai akademis bagus, dengan dibuktikannya nilai rapor. Hampir semua perguruan tinggi di Indonesia menerapkan Beasiswa Jalur Rapor untuk mendapatkan calon mahasiswa yang berprestasi. 

 

3. Beasiswa KIP Kuliah

Beasiswa ini diluncurkan oleh pemerintah untuk membantu Putera/i Indonesia  yang memiliki potensi akademik untuk melanjutkan pendidikan walaupun terkendala biaya. Setiap tahunnya pemerintah memberikan slot kepada perguruan tinggi terpilih, agar siswa/i bisa mendaftar kuliah di perguruan tinggi favoritnya.

 

4. Beasiswa Prestasi

Beasiswa ini dperuntukkan untuk siswa/i yang memiliki prestasi baik di bidang akademik maupun non akademik. Universitas BSI sebagai Kampus Digital Kreatif turut meluncurkan beasiswa ini dengan nama Beasiswa BSI Juara. Lewat beasiswa ini, Universitas BSI telah banyak membantu atlet terbaiknya untuk semangat berkompetisi dalam berbagai kejuaraan seperti Judo, Karate, Taekwondo dan masih banyak lagi prestasi non akademik yang disumbangkan oleh mahasiswa berprestasi. 

 

5. Beasiswa Internasional

Beasiswa internasional merupakan beasiswa yang diluncurkan oleh beberapa Perusahaan, pemerintah ataupun perguruan tinggi untuk generasi muda untuk melanjutkan pendidikannya ke luar negeri. Salah satu beasiswa yang paling terkenal adalah LPDP (Lembaga Pengelola Dana Pendidikan)  yang diluncurkan oleh pemerintah. Selain itu, beberapa Duta Besar di Indonesia juga memberikan beasiswa perguruan tinggi, agar siswa/i melanjutkan pendidikan di negeri asalnya. 

Setelah mengetahui jenis-jenis beasiswa, hal terpenting yang harus disiapkan adalah kapasitas diri yakni belajar yang tekun dan terus menorehkan prestasi. Selain itu, mulai carilah informasi syarat dan ketentuan beasiswa yang menjadi pilihan. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement