Kamis 12 Oct 2023 09:50 WIB

Bangga Indonesia Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-17, UPH Kontribusi Rumput Lapangan Bola

Rumput UPH telah berhasil dipanen untuk selanjutnya dilakukan pemasangan di JIS.

Rumput dari arena sepak bola stadium Universitas Pelita Harapan (UPH) di Lippo Karawaci akan dipakai untuk kejuaraan sepak bolah piala dunia U-17 yang berlangsung di bulan November 2023. (ilustrasi).
Foto: Universitas Pelita Harapan
Rumput dari arena sepak bola stadium Universitas Pelita Harapan (UPH) di Lippo Karawaci akan dipakai untuk kejuaraan sepak bolah piala dunia U-17 yang berlangsung di bulan November 2023. (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sesuai keterangan Ketua PSSI, Erick Thohir, terkait perkembangan terbaru dari renovasi Jakarta International Stadium (JIS), Jakarta Utara, untuk Piala Dunia U-17 2023, rumput dari arena sepak bola stadium Universitas Pelita Harapan (UPH) di Lippo Karawaci akan dipakai untuk kejuaraan sepak bolah piala dunia U-17 yang akan berlangsung di bulan November 2023.

"Untuk persiapan JIS, saya mendapatkan laporan rumput UPH sudah mulai dipasang," ujar Erick Thohir dalam konferensi pers di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta Pusat, Selasa (10/10/2023) sore WIB.

Baca Juga

Rumput lapangan bola dari arena Universitas Pelita Harapan di Lippo Karawaci, Kabupaten Tangerang, berjenis Zoysia Matrella. Proses analisa dan pemilihan rumput tersebut, yang melibatkan pihak FIFA, telah melewati persiapan dan proses seleksi yang matang, serta pengujian kualitas baik dari segi kerapatan, kepadatan, dan kekuatan rumput, juga kesesuaian karakteristik jenis rumput untuk digunakan dalam kejuaraan sepak bola FIFA kategori U-17. 

Serangkaian persiapan dan perawatan intensif juga telah dilakukan terlebih dahulu sebelum rumput dipanen dan dipindahkan ke JIS. Perawatan yang dilakukan antara lain berupa penyiraman intensif selama hampir tiga minggu serta pemupukan hingga rumput mencapai kualitas prima. Per 9 Oktober 2023 lalu, rumput UPH telah berhasil dipanen untuk selanjutnya dilakukan pemasangan di JIS. Pemanenan dilakukan dengan mesin khusus untuk dapat menghasilkan gulungan rumput seperti karpet yang memiliki ketebalan lebih dari empat sentimeter.

“Kami bangga Indonesia menjadi tuan rumah kejuaraan piala dunia U-17. Acara tersebut membawa berkat untuk bangsa Indonesia dan olahraga sepak bola. Semoga rumput yang telah kami pelihara dengan baik selama bertahun-tahun untuk mahasiswa kami dapat turut mensukseskan acara kejuaraan dunia tersebut,” ujar Dr Jonathan Parapak, Rektor Universitas Pelita Harapan, dalam siaran persnya.

Kampus Universitas Pelita Harapan, di Lippo Karawaci, Kabupaten Tangerang, merupakan salah satu universitas swasta dengan 20 ribu mahasiswa yang didirikan di tahun 1994 oleh Ir Johannes Oentoro dan Dr (HC) James Riady dari kelompok usaha Lippo.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement