Selasa 10 Oct 2023 14:16 WIB

Ingin Tahu Kapan akan Turun Hujan di Daerah Anda? Cek Prakiraannya di Laman Ini

Peneliti BRIN memberikan toturial mengecek prediksi hujan lewat kamajaya.brin.go.id.

Rep: Ronggo Astungkoro/ Red: Andri Saubani
Sungai Citarum surut di daerah Cihampelas, Kabupaten Bandung, Jumat (6/10/2023). Musim kemarau panjang dan terik membuat dasar Sungai Citarum terelihat dan sebagian mulai mengering.
Foto: Edi Yusuf/Republika
Sungai Citarum surut di daerah Cihampelas, Kabupaten Bandung, Jumat (6/10/2023). Musim kemarau panjang dan terik membuat dasar Sungai Citarum terelihat dan sebagian mulai mengering.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Peneliti klimatologi Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Erma Yulihastin, membagikan tips untuk mengecek waktu musim hujan akan terjadi di suatu lokasi lewat akun media sosialnya. Publik bisa mengecek hal tersebut melalui laman Kamajaya milik BRIN.

“Kapan awal musim hujan di titik lokasi tempat tinggal Anda? Cek sendiri: kamajaya.brin.go.id,” tulis Erma lewat akun pribadinya di media sosial X, dikutip Selasa (10/10/2023). 

Baca Juga

Erma pun mengunggah cara menggunakan laman tersebut. Di mana, publik dapat mengakses laman itu lewat aplikasi web browser atau penjelajah web di ponsel masing-masing. Setelah laman tersebut terbuka, terdapat pilihan ‘Tambah Lokasi’.

“Setelah terklik seperti ini, tambah lokasi langsung saja, ingin tahu musim hujan di daerah mana,” kata Erma.

Setelah memilih titik lokasi, akan terpampang data prediksi musim hujan di titik lokasi yang dipilih. Republika mencoba memilih titik lokasi di Jalan Pejaten Raya, Pasar Minggu, Pejaten Barat, Jakarta Selatan. Dari data yang tersedia, awal musim hujan di wilayah tersebut terjadi pada 10 hari kedua atau dasarian kedua Desember 2023. 

Pada data tersebut terlihat musim kemarau ditandai dengan area berwarna merah. Sementara awal musim hujan dimulai dari garis tebal berwarna biru. Lalu terdapat data perkiraan rain rate atau curah hujan yang terjadi pada setiap dasarian pada suatu bulan.

“Itu kira-kira. Dan disclaimer, ini bagian dari kajian, riset, dan data menggunakan input initial time itu di 30 September. Nanti akan di-update lagi,” jelas dia.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement