Senin 09 Oct 2023 18:34 WIB

Demokrat Ungkap Empat Nama Terkuat Cawapres Prabowo

Erick Thohir termasuk dari empat nama kandidat cawapres terkuat Prabowo.

Rep: Nawir Arsyad Akbar/ Red: Teguh Firmansyah
Bakal Calon Presiden Prabowo Subianto
Foto: Republika/Thoudy Badai
Bakal Calon Presiden Prabowo Subianto

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Koordinator Juru Bicara Partai Demokrat, Herzaky Mahendra Putra mengungkapkan bahwa saat ini nama bakal calon wakil presiden (cawapres) untuk Prabowo Subianto sudah mengerucut ke empat nama. Dua di antaranya diusulkan oleh Partai Golkar dan Partai Amanat Nasional (PAN).

"Kami mendengar, cawapres Bapak Prabowo Subianto menguat pada empat nama. Adapun nama-namanya adalah sebagai berikut, satu, Airlangga Hartarto yang diusung oleh Partai Golkar. Dua, Erick Thohir yang diusung oleh Partai Amanat Nasional," ujar Herzaky lewat keterangannya, Senin (9/10/2023).

Baca Juga

Dua nama lainnya adalah Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka. Lalu, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa.

Partai Demokrat juga juga mendengar bahwa Prabowo Subianto akan meminta, sekaligus mendengarkan pandangan dari pimpinan tiap-tiap parpol anggota Koalisi Indonesia Maju sebelum memutuskan siapa cawapresnya. 

"Tentu saja, kami dari Partai Demokrat juga akan memberikan pertimbangan dan masukan ketika hal tersebut diminta, tapi tentu saja, bagi Partai Demokrat, Bapak Prabowo-lah yang akan memutuskan siapa cawapresnya nanti," ujar Herzaky.

"Harapan kami, cawapres yang dipilih oleh Bapak Prabowo Subianto adalah orang yang tepat dan membawa kemenangan bagi Koalisi Indonesia Maju," sambungnya.

Sekretaris Jenderal Partai Gerindra, Ahmad Muzani mengatakan bahwa pembahasan bakal calon wakil presiden (cawapres) untuk Prabowo Subianto akan dibahas bersama oleh ketua umum partai politik dalam Koalisi Indonesia Maju. Pada momentum yang tepat, nama tersebut pasti akan diumumkan kepada publik.

"Sing sabar, soal (calon) wapres Pak Prabowo sing sabar," ujar Muzani di Gedung Joang '45, Jakarta, Senin (9/10/2023).

Pendaftaran calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) akan dibuka 10 hari lagi pada 10 Oktober mendatang. Belum diumumkannya nama bakal cawapres Prabowo disebutnya tak mengganggu sosialisasinya ke masyarakat. "Semua partai koalisi sekarang sudah bekerja di masing-masing komponennya," ujar Muzani.

Adapun pada hari ini, seluruh sekretaris jenderal partai politik dalam Koalisi Indonesia Maju akan melakukan rapat hari ini. Namun, ia enggan mengungkapkan tempat, waktu, ataupun tema yang akan dibahas dalam forum tersebut.

"Itu (pembahasan cawapres) domain Ketum. Saya kan Sekjen, bukan Ketum," ujar Wakil Ketua MPR itu.

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement