Senin 09 Oct 2023 16:52 WIB

Makna Deklarasi Dukungan Relawan Samawi Bagi Gerindra: Jokowi Dukung Prabowo

"Saya anggap itu (deklarasi Samawi) sebagai dukungan (Presiden Jokowi)," kata Muzani.

Bakal Calon Presiden dari Koalisi Indonesia Maju (KIM) Prabowo Subianto bersama Ketua Umum Relawan Solidaritas Ulama Muda Jokowi (Samawi) Muhammad Nahdy menyampaikan sambutan saat deklarasi dukungan di  Jakarta, Sabtu (7/10/2023). Samawi mendeklarasikan dukungan terhadap bacapres Prabowo Subianto karena dinilai memiliki kemampuan memimpin bangsa Indonesia.
Foto: Republika/Putra M. Akbar
Bakal Calon Presiden dari Koalisi Indonesia Maju (KIM) Prabowo Subianto bersama Ketua Umum Relawan Solidaritas Ulama Muda Jokowi (Samawi) Muhammad Nahdy menyampaikan sambutan saat deklarasi dukungan di Jakarta, Sabtu (7/10/2023). Samawi mendeklarasikan dukungan terhadap bacapres Prabowo Subianto karena dinilai memiliki kemampuan memimpin bangsa Indonesia.

REPUBLIKA.CO.ID, oleh Antara, Nawir Arsyad Akbar

Pada akhir pekan lalu, Relawan Solidaritas Ulama Muda Jokowi (Samawi) mendeklarasikan dukungan terhadap bakal calon presiden (bacapres) yang diusung Koalisi Indonesia Maju (KIM) Prabowo Subianto karena dinilai memiliki kemampuan memimpin bangsa Indonesia. Relawan Samawi diketahui adalah pendukung Joko Widodo (Jokowi) di dua pilpres sebelumnya.

Baca Juga

"Kami hadir di sini hari ini untuk menyelaraskan persepsi, menggandeng tangan Bapak untuk terus maju dan berlaga dalam Pilpres 2024," kata Ketua Umum (Ketum) Samawi Muhammad Nahdy saat acara deklarasi yang digelar di halaman rumah Prabowo, di Jakarta, Sabtu (7/10/2023) malam.

Nahdy mengatakan, bahwa deklarasi tersebut adalah hasil musyawarah yang digelar pada malam sebelumnya yang dihadiri para kiai, ajengan, dan tuan guru dari kelompok relawan Jokowi tersebut. Menurut Nahdy, Indonesia membutuhkan pemimpin yang tegas, cinta kepada rakyat, memiliki kedekatan batin dengan masyarakat akar rumput, serta berpengalaman dalam menghadapi dinamika geopolitik dan situasi dunia.

"Bismillahirrahmannirrahim, atas itjihad kami, Pak Prabowo adalah sosok itu," ujarnya.

Selain itu, Nahdy mengatakan bahwa Samawi mendukung Walikota Solo Gibran Rakabuming Raka sebagai bakal calon wakil presiden (bacawapres) yang akan mendampingi Prabowo dalam kontestasi Pemilu Presiden (Pilpres) 2024. "Kami juga memandang bonus demografi harus direspons dengan keberpihakan yang nyata terhadap anak muda,” katanya.

Karena itu menurut dia, anak muda seharusnya tidak lagi dianggap sebagai pemimpin masa depan, namun pemimpin masa kini. "Kami berharap Pak Prabowo menggandeng Mas Gibran Rakabuming Raka sebagai bakal calon wakil presiden jika nanti Mahkamah Konstitusi mengabulkan gugatan atas batas minimal usia capres dan cawapres,” kata Nahdy.

Menurut dia, Prabowo merupakan sosok yang berdedikasi tinggi dan tegas sementara Gibran adalah pemimpin muda yang inovatif dan mengerti kebutuhan generasinya. Sehingga kedua tokoh tersebut akan saling menguatkan.

Rapimnas Samawi digelar untuk mengonsolidasikan arah dukungan kelompok relawan tersebut pada Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 yang akan dilaksanakan pada 14 Februari mendatang. Pertemuan itu dihadiri oleh sekitar 10 ribu orang dari berbagai daerah di Indonesia, dengan sebagian besar berasal dari Jabodetabek dan Jawa Barat.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement