Jumat 06 Oct 2023 22:47 WIB

Pandawara Grup Apresiasi Aksi Bersih-Bersih Pantai Cibutun

Pantai Cibutun sudah jauh berubah.

Pandawara Grup dan tim gabungan TNI-Polri serta relawan akhirnya melakukan aksi bersih-bersih barengan di Pantai Cibutun, Kecamatan Simpenan, Kabupaten Sukabumi di hari ketiga gerakan bebersih, Jumat (6/10/2023).
Foto: Republika/ Riga Nurul Iman
Pandawara Grup dan tim gabungan TNI-Polri serta relawan akhirnya melakukan aksi bersih-bersih barengan di Pantai Cibutun, Kecamatan Simpenan, Kabupaten Sukabumi di hari ketiga gerakan bebersih, Jumat (6/10/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI -- Pandawara Grup yang sempat memviralkan di media sosial melalui konten video pendek kondisi tumpukan sampah yang mengotori Pantai Cibutun, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, mengapresiasi antusiasme ribuan warga yang secara sukarela melakukan aksi bersih-bersih di Pantai Cibutun.

"Luar biasa aksi bersih-bersih pantai yang dilakukan oleh berbagai unsur masyarakat, sejak pagi warga terus berdatangan dan bergabung dengan personel Kodim 0622 Kabupaten Sukabumi, Polres Sukabumi dan Pemkab Sukabumi yang secara sukarela membersihkan Pantai Cibutun," kata perwakilan Pandawara Grup Gilang Rahma di Sukabumi pada Jumat, (6/10). 

Baca Juga

Menurut Gilang, di hari pertama kegiatan membersihkan tumpukan sampah di Pesisir Loji yang berada di perbatasan antara Desa Sangrawayang dan Loji, Kecamatan Simpenan, ini diikuti oleh lima anggota Pandawara Grup.

Dalam mengevakuasi sampah itu, mereka sama seperti dengan warga menggunakan alat manual dan sederhana, tapi kelompok anak muda yang fokus terhadap kondisi sampah di Indonesia ini tampak semangat, apalagi didukung oleh antusiasme masyarakat, bahkan tidak sedikit pelajar SD yang ikut serta membersihkan tumpukan sampah di pantai ini.

Pihaknya pun mengapresiasi Polres Sukabumi, Kodim 0622 Kabupaten Sukabumi dan Pemkab Sukabumi yang telah mampu menggerakkan ribuan warga untuk bersama-sama dan bergotong royong membersihkan sampah khususnya di Pantai Cibutun.

Tentunya Aksi seperti ini harus dicontoh oleh seluruh masyarakat Indonesia, karena dengan kebersamaan maka akan lebih mudah mengatasi permasalahan sampah.

"Dengan kebersamaan ini kondisi Pantai Cibutun sudah jauh berubah dan kembali terlihat indah. Semoga kebersihan pantai ini tetap terus terjaga," tambahnya.

Gilang mengatakan Pandawara Grup akan terus berusaha untuk membantu alam mendapatkan haknya, dan pihaknya tidak akan pernah berhenti apalagi sampai menurunkan semangat untuk memerdekakan lingkungan yang mengalami kerusakan akibat ulah oknum tidak bertanggung jawab.

Sementara Kapolres Sukabumi AKBP Maruly Pardede mengatakan pada Jumat, (6/10) mereka membuktikan hadir untuk bersama-sama membersihkan Pantai Cibutun.

Tentunya apa yang telah dilakukan oleh para pemuda yang tergabung dalam Pandawara Grup ini perlu diapresiasi dan dicontoh oleh semua kalangan untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement