Kamis 05 Oct 2023 19:06 WIB

Pratikno Pastikan Ada Reshuffle Usai Mentan SYL Mengundurkan Diri

Menteri Pertanian SYL menemui Mensesneg Pratikno didampingi Menteri LHK Siti Nurbaya.

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Agus raharjo
Mentan Syahrul Yasin Limpo usai menyambangi Kementerian Sekretariat Negara, Jakarta, Kamis (5/10/2023).
Foto: Republika/ Dessy Suciati Saputri
Mentan Syahrul Yasin Limpo usai menyambangi Kementerian Sekretariat Negara, Jakarta, Kamis (5/10/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno memastikan akan ada reshuffle atau perombakan Kabinet Indonesia Maju setelah Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo mengundurkan diri dari jabatannya.

"Ya konsekuensinya gitu (reshuffle). Gitu ya," kata Pratikno usai menemui Mentan SYL dan Menteri LHK di gedung Kemensetneg, Jakarta, Kamis (5/10/2023).

Baca Juga

Setelah menerima surat pengunduran diri, selanjutnya Mensesneg akan menunggu arahan dari Presiden terkait penerbitan Keppres pemberhentian Mentan SYL. Selain itu, pemerintah juga akan segera mencari pengganti SYL untuk menjabat sebagai menteri pertanian.

"Nanti saya menunggu arahan bapak Presiden kemungkinannya adalah tentu karena sudah mengundurkan diri akan diterbitkan keppres pemberhentian dan tentu saja kita harus mencari orang yang melaksanakan tugas sebagai menteri pertanian," tegas dia.

 

Pratikno juga menyebut akan segera memberikan informasi terkait tindak lanjut surat pengunduran diri Mentan SYL. "Kita kan ini kan surat aja baru kita terima tentu saja saya akan melaporkan dulu ke Pak Presiden nanti tindaklanjutnya kami kabarkan segera," kata Pratikno.

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo menemui Mensesneg Pratikno dengan didampingi Menteri LHK Siti Nurbaya Bakar. Pratikno memastikan, kapasitas Menteri LHK dalam pertemuan ini hanya untuk mendampingi Mentan SYL.

"Iya mendampingi, menemani. (Bukan mundur) eh eh nggak nggak ada. Kamu ada-ada aja," ujarnya.

Sementara itu, Mentan SYL diagendakan untuk menemui Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Jumat (6/10/2023) besok. "Beliau minta waktu rencananya besok akan menghadap pak Presiden, memohon waktu kepada Pak Presiden menghadap besok," ujar Pratikno.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement