Kamis 05 Oct 2023 22:11 WIB

224 Aparat Desa Digembleng Tingkatkan Kualitas Pemerintahan

Aparat desa harus memberikan layanan terbaik kepada masyarakat.

Pelatihan optimalisasi aparat pemerintah desa.
Foto: dok web
Pelatihan optimalisasi aparat pemerintah desa.

REPUBLIKA.CO.ID, PALEMBANG -- Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) berkomitmen meningkatkan layanan pemerintah desa. Hal itu dilakukan dengan menggelar berbagai pelatihan yang melibatkan aparat desa.

Salah satunya adalah Pelatihan Penguatan Program Pemerintah dan Pembangunan Desa (P3PD) dan Pelatihan Aparatur Desa (PAD) dasar. Kegiatan ini diselenggarakan oleh Ditjen Bina Pemerintahan Desa Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) RI di Kota Palembang, Sumatera Selatan, pada 2-5 Oktober.

Baca Juga

Peserta pelatihan terdiri dari Ketua Tim Penggerak PKK, Ketua Badan Permusyawaratan Desa, Kepala Desa, Perangkat Desa, dan Pengurus Posyandu. Total peserta terdiri 224 orang yang berasal dari 6 Kabupaten di 56 Desa yang tersebar di Provinsi Sumatera Selatan.

Seluruh peserta dikelompokkan menjadi 7 kelas, dengan 14 orang pelatih dan 7 orang narasumber. Keseluruhan peserta tersebut dibagi menjadi 7 kelas dan terdiri dari 14 orang pelatih serta 7 narasumber

Seorang kepala desa dari Provinsi Sumatera Selatan, H. Muhammad Senen Har mengatakan, kegiatan ini diharapkan pada peserta dapat memberantas angka kemiskinan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa. "Ini merupakan kegiatan strategis meningkatkan kualitas sumber daya masyarakat untuk menurunkan angka kemiskinan," ungkapnya yang mengikuti kegiatan tersebut.

Selain itu peserta yang berasal dari Desa Pagar Desa, Kecamatan Bayunglencer, Firman Lutherhia sangat senang dapat mengikuti pelatihan P3PD dan PAD Dasar karena dapat menyadarkan peran dan tanggung jawab dalam membangun desa.

"Banyak ilmu yg kami dapat dengan mengikuti pelatihan ini. Semoga kami dapat membangun desa dan menyampaikan kepada masyarakat di desa bagaimana tanggung jawab dan peran kita disini untuk membangun desa," ungkapnya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement