Kamis 05 Oct 2023 13:27 WIB

Pandawara di Polemik Sampah Pantai Cibutun: Ditolak Kepala Desa, Dibela Pj Gubernur Jabar

Pj Bey Machmudin menilai konten Pandawara Group sebagai kritik kepada pemerintah.

Aksi bersih-bersih Pantai Cibutun-Loji Kecamatan Simpenan, Kabupaten Sukabumi diikuti ribuan warga pada, Rabu (4/10/2023). Kegiatan itu diinisiasi Dandim 0622 Kabupaten Sukabumi Letkol Inf Anjar Ari Wibowo dalam rangka HUT TNI ke-78.
Foto:

Merespons viralnya konten Pandawara Grup di media sosial, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sukabumi mengagendakan aksi bersih-bersih pantai pada 4-7 Oktober 2023. Jadwal Pemkab Sukabumi itu mendahului rencana aksi bersih-bersih Pandawara Grup pada 6-7 Oktober 2023 mendatang.

"Pemkab Sukabumi menggelar rapat pembahasan persiapan kegiatan bebersih Pantai Cibutun, Desa Sangrawayang di Makodim 0622 Kabupaten Sukabumi,'' ujar Sekretaris Dinas Komunikasi, Informatika dan Persandian Kabupaten Sukabumi, Bima sapaan akrab Herdy Somantri, Senin (2/10/2023) sore.

Rapat tersebut dipimpin Dandim 0622 Kabupaten Sukabumi Letkol Inf Anjar Ari Wibowo dan Sekda Kabupaten Sukabumi Ade Suryaman. Selain itu hadir kepala perangkat daerah, camat, kepala desa Sangrawayang dan Loji, serta unsur perusahaan dari PLTU dan komunitas penggiat lingkungan.

Bima berharap, acara berjalan dengan baik dan tidak ada kendala. Nantinya peserta aksi bukan hanya unsur TNI, Polri, Pemda, sejumlah organisasi kemasyarakatan, komunitas dan penggiat lingkungan melainkan hingga pelajar dan masyarakat turut serta. 

Setelah melakukan rapat, peserta rapat melakukan peninjauan ke lokasi kegiatan di Pantai Cibutun-Talanca. Hasilnya dari pantauan, untuk memaksimalkan kegiatan bersih bersih pantai sejumlah sarana prasarana kebersihan akan di terjunkan termasuk alat berat 

"Kalau diliat dari kondisi pantai sekarang ini harus menerjunkan alat berat dan truk pengangkut sampah,'' kata Bima.

Dandim 0622 Kabupaten Sukabumi Letkol Inf Anjar Ari Wibowo, pun mengonfirmasi keterlibatan TNI dalam aksi bersih-bersih Pantai Cibutun Desa Sangrawayang, Simpenan. "Kegiatan karya bakti TNI bersih-bersih pantai ini merupakan rangkaian dari peringatan HUT TNI ke-78 tahun 2023," kata Anjar.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Sukabumi Ade Suryaman mengapresiasi langkah Kodim 0622 untuk melaksanakan kegiatan bersih-bersih pantai. Ade berharap seluruh komponen ikut terlibat dalam kegiatan ini dan juga merawat, menjaga kebersihan pantai.

"Jajaran pemda akan mendukung kegiatan yang dilaksanakan oleh Kodim," jelasnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement