Kamis 05 Oct 2023 07:05 WIB

Lokasi SIM Keliling di Jakarta, Depok, dan Bekasi Kamis 5 Oktober 2023

Perpanjangan SIM bisa diurus tanpa calo.

Rep: Ali Mansur/ Red: Ani Nursalikah
Lokasi SIM Keliling di Jakarta, Depok, dan Bekasi Kamis 5 Oktober 2023
Foto: Republika/Putra M. Akbar
Lokasi SIM Keliling di Jakarta, Depok, dan Bekasi Kamis 5 Oktober 2023

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Korlantas Polri mengeklaim bakal memberlakukan teknologi face recognition atau pengenalan wajah dalam proses pembuatan atau perpanjangan Surat Izin Mengemudi (SIM). Hal itu dilakukan untuk menghindari calo dalam proses pembuatan SIM baru.

Cara perpanjang masa berlaku SIM pun cukup mudah, bisa diurus sendiri tanpa calo dengan memanfaatkan layanan SIM Keliling. Di wilayah DKI Jakarta terdapat lima lokasi layanan SIM Keliling.

Baca Juga

Kelima lokasi tersebut berada di Mall Grand Cakung, Jakarta Timur. Kemudian di Mall Citraland di Jakarta Barat, di Kampus Trilogi Kalibata di Jakarta Selatan, di LTC Glodok di Jakarta Utara dan di Kantor Pos Lapangan Banteng di Jakarta Pusat. Pelayanan SIM Keliling di Jakarta dimulai pukul 08.00 sampai dengan 14.00 WIB.

Sementara untuk warga Depok, pelayanan SIM Keliling di Depok beroperasi di dua lokasi. Yaitu di Sektor Melati GDC, Jalan Raya Boulevard Grand Depok City, dan di Pos Lantas Bambu Kuning, di Jalan Kampung Sawah Bojonggede, Depok. Lalu untuk jam pelayanan pada hari ini dimulai pukul 07.00 sampai dengan 12.00 WIB.

Selanjutnya, untuk layanan SIM Keliling bagi warga kota Bekasi hanya di satu lokasi, yaitu di Bekasi Cyber Park (BCP) di K.H. Noer Ali, Bekas. Kemudian untuk jam operasional layanan SIM Keliling di Kota Bekasi pada pada Kamis, 5 Oktober 2023 dimulai pukul 08.00 sampai dengan 10.00 WIB.

Sebelum memperpanjang SIM di SIM Keliling segala persyaratannya harus dilengkapi lebih dulu. Namun perlu diketahui layanan SIM Keliling hanya melayani permohonan perpanjangan SIM A dan C, yang dapat dilakukan sebelum masa berlaku habis. Untuk biaya perpanjangan, sesuai dengan PP Nomor 60 Tahun 2016 tentang Penerimaan Negara Bukan Pajak adalah Rp 80 ribu untuk perpanjangan SIM A dan Rp 75 ribu untuk perpanjangan SIM C.

Berikut ini syarat perpanjangan SIM A atau C.

1. Fotokopi KTP yang masih berlaku

2. Fotokopi SIM lama dan SIM asli

3. Tes Psikologi SIM

4. Surat Keterangan Sehat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement