Selasa 03 Oct 2023 18:23 WIB

Pemkab Sukabumi Tetap Ajak Pandawara Bersih-Bersih Pantai Besok

Pemkab Sukabumi tetap mengajak Pandawara untuk bersih-bersih Pantai Cibutun besok.

Rep: Riga Nurul Iman/ Red: Bilal Ramadhan
Pemkab Sukabumi meninjau lokasi Pantai Cibutun-Talanca, Kecamatan Simpenan, Kabupaten Sukabumi. Pemkab Sukabumi tetap mengajak Pandawara untuk bersih-bersih Pantai Cibutun besok.
Foto: Dok.Republika
Pemkab Sukabumi meninjau lokasi Pantai Cibutun-Talanca, Kecamatan Simpenan, Kabupaten Sukabumi. Pemkab Sukabumi tetap mengajak Pandawara untuk bersih-bersih Pantai Cibutun besok.

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI -- Kodim 0622 Kabupaten Sukabumi dan Pemkab Sukabumi mengajak Pandawara Grup ikut aksi bersih-bersih Pantai Cibutun-Talanca, Kecamatan Simpenan, Kabupaten Sukabumi, pada Rabu (4/10/2023). Momen tersebut mengajak semua elemen warga termasuk Pandawara Grup.

"Rencananya besok aksi bebersih pantai mulai pukul 07.00 WIB," ujar Dandim 0622 Kabupaten Sukabumi Letkol Inf Anjar Ari Wibowo kepada Republika, Selasa (3/10/2023).

Baca Juga

Kegiatan ini dengan melibatkan unsur TNI, Polri, Pemkab Sukabumi, dan seluruh elemen warga Sukabumi. Bahkan, kata Anjar, Pandawara Grup pun ikut diundang dalam aksi bersih-bersih pantai tersebut. Namun, belum ada respons dari Pandawara Grup.

Sebelumnya, terang Anjar, pihaknya menggelar rakor dalam rangka untuk membahas persiapan karya bakti TNI yang akan melaksanakan kegiatan Bersih-bersih Pantai Cibutun Desa Sangrawayang, Simpenan. Rencananya akan dilaksanakan pada 4-7 oktober 2023.

"Kegiatan karya bakti TNI bersih-bersih pantai ini merupakan rangkaian dari peringatan HUT TNI ke-78 tahun 2023," kata Anjar. Sehingga, kegiatan ini bisa memberikan kebermanfaatan kepada warga.

Sekretaris Dinas Komunikasi, Informatika dan Persandian Kabupaten Sukabumi, Bima, sapaan akrab Herdy Somantri, mengatakan, dalam kegiatan ini tentu pemkab dan Kodim mengundang Pandawara Grup.

"Untuk bergabung karena mereka yang awalnya punya ide dan gagasan," katanya.

Jadi, lanjut Bima, momentum bersih-bersih pantai ini sekaligus memperingati HUT TNI ke-78. Sehingga semua elemen akan melaksanakan bersih-bersih pantai dari 4-7 Oktober 2023 mendatang.

Bima berharap, mudah-mudahan acara berjalan dengan baik dan tidak ada kendala. Nantinya peserta aksi bukan hanya unsur TNI, Polri, Pemda, sejumlah organisasi kemasyarakatan, komunitas dan penggiat lingkungan melainkan hingga pelajar dan masyarakat turut serta.

Petugas gabungan juga teranh Bima, telah melakukan peninjauan ke lokasi kegiatan di Pantai Cibutun-Talanca. Hasilnya dari pantauan, untuk memaksimalkan kegiatan bersih bersih pantai sejumlah sarana prasarana kebersihan akan diterjunkan termasuk alat berat

"Kalau diliat dari kondisi pantai sekarang ini harus menerjunkan alat berat dan truk pengangkut sampah," kata Bima.

Selain itu sarana-prasarana kebersihan lainnya, seperti garpu sampah, cangkul, dan trash bag. Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Sukabumi Ade Suryaman mengapresiasi langkah Kodim 0622 untuk melaksanakan kegiatan bersih-bersih pantai.

"Jajaran pemda akan mendukung kegiatan yang dilaksanakan oleh Kodim," kata Ade.

Ade berharap seluruh komponen ikut terlibat dalam kegiatan ini dan mengajak seluruh komponen untuk merawat dan menjaga kebersihan pantai. "Kalau sudah bersih akan berdampak pada peningkatan pariwisata yang ada di Sukabumi dan kita juga akan menghadapi healty city summit tahun 2024," katanya.

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement