Selasa 03 Oct 2023 11:58 WIB

Ditolak PKS dan Diberi Catatan Demokrat, Revisi UU IKN Disahkan DPR

Fraksi PKS dengan tegas menolak Revisi UU IKN disetujui sebagai Undang-undang.

Rep: Fauziah Mursid/ Red: Andri Saubani
Presiden Joko Widodo (keempat kanan) didampingi sejumlah menteri berbincang dengan Chairman Vasanta Group Agnus Suryadi (ketiga kanan) saat peletakan batu pertama atau groundbreaking Hotel Vasanta di kawasan Ibu Kota Nusantara (IKN), Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Sabtu (23/9/2023). Hotel Vasanta menjadi hotel kedua yang dibangun di kawasan IKN.
Foto:

Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa menyampaikan, pengesahan Revisi UU IKN mampu menjadi landasan hukum dan mengakselerasi kegiatan persiapan pembangunan dan pemindahan Ibu Kota Negara (IKN) serta penyelenggaraan pemerintahah daerah khusus IKN secara efisien, optimal, akuntabel dan berkelanjutan.

Mewakili Presiden Joko Widodo, Suharso menyampaikan rencana pemindahan Ibu Kota Negara (IKN) oleh Pemerintah merupakan salah strategi untuk merealisasikan pertumbuhan ekonomi yang lebih inklusif dan merata melalui orientasi pembangunan yang Indonesiasentris.

"Ibu Kota Negara (IKN) akan menjadi mesin penggerak ekonomi baru di Indonesia dan menjadi pemicu penguatan rantai nilai domestik dan menempatkan Indonesia lebih strategis dalam jalur perdagangan dunia dan inovasi teknologi," ujar Suharso.

Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara juga diharapkan dapat menjadi contoh dan acuan bagi pengembangan kota yang berkelanjutan yang didorong dalam penerapan teknologi terkini tidak hanya di Indonesia tetapi di kota-kota dunia.

"Visi kota dunia untuk semua, tidak hanya menggambarkan masyarakat yang menghuni di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara tetapi juta mempertahankan serta memulihkan kondisi lingkungan di IKN Nusantara beserta keanekaragaman hayati," ujar Suharso.

photo
UU IKN Digugat - (Republika)

 

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement