Selasa 03 Oct 2023 07:20 WIB

Langkahi Pandawara, Pemkab Sukabumi Gelar Bersih-Bersih Pantai Cibutun Besok, Loh Kok?

Pemkab Sukabumi mendahului bersih-bersih Pantai Cibutun melangkahi acara Pandawara.

Rep: Riga Nurul Iman/ Red: Bilal Ramadhan
Sekda Kabupaten Sukabumi Ade Suryaman meninjau lokasi Pantai Cibutun-Talanca. Pemkab Sukabumi mendahului bersih-bersih Pantai Cibutun melangkahi acara Pandawara.
Foto: Dok.Republika
Sekda Kabupaten Sukabumi Ade Suryaman meninjau lokasi Pantai Cibutun-Talanca. Pemkab Sukabumi mendahului bersih-bersih Pantai Cibutun melangkahi acara Pandawara.

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI -- Pemkab Sukabumi merespons viralnya konten Pandawara Grup di media sosial terkait tumpukan sampah di Pantai Cibutun-Talanca, Desa Sangrawayang, Kecamatan Simpenan, Kabupaten Sukabumi. Pandawara menyebut pantai tersebut sebagai paling kotor nomor 4 di Indonesia.

Salah satunya dengan mengagendakan aksi bersih-bersih pantai dimulai pada Rabu (4/10/2023) hingga Sabtu (7/10/2023) mendatang. Padahal, Pandawara baru akan melaksanakan acara bersih-bersih pantai pada 6-7 Oktober 2023 mendatang.

Baca Juga

"Pemkab Sukabumi menggelar rapat pembahasan persiapan kegiatan bebersih Pantai Cibutun, Desa Sangrawayang di Makodim 0622 Kabupaten Sukabumi," ujar Sekretaris Dinas Komunikasi, Informatika dan Persandian Kabupaten Sukabumi, Bima sapaan akrab Herdy Somantri, Senin (2/10/2023) sore.

Rapat tersebut dipimpin Dandim 0622 Kabupaten Sukabumi Letkol Inf Anjar Ari Wibowo dan Sekda Kabupaten Sukabumi Ade Suryaman. Selain itu hadir kepala perangkat daerah, camat, kepala desa Sangrawayang dan Loji, serta unsur perusahaan dari PLTU dan komunitas penggiat lingkungan.

Dalam rapat tersebut kata Bima, dibahas rencana bebersih Pantai Cibutun, Sangrawayang. Rencananya, kegiatan akan dilaksanakan pada 4-7 Oktober 2023 mendatang.

Bima berharap, mudah-mudahan acara berjalan dengan baik dan tidak ada kendala. Nantinya peserta aksi bukan hanya unsur TNI, Polri, pemda, sejumlah organisasi kemasyarakatan, komunitas dan penggiat lingkungan melainkan hingga pelajar dan masyarakat turut serta.

Setelah melakukan rapat, peserta rapat melakukan peninjauan ke lokasi kegiatan di Pantai Cibutun-Talanca. Hasilnya dari pantauan, untuk memaksimalkan kegiatan bersih bersih pantai sejumlah sarana prasarana kebersihan akan di terjunkan termasuk alat berat

"Kalau dilihat dari kondisi pantai sekarang ini harus menerjunkan alat berat dan truk pengangkut sampah," kata Bima.

Selain itu, sarana prasarana kebersihan lainnya, seperti garpu sampah, cangkul, dan kantong sampah. Dandim 0622 Kabupaten Sukabumi Letkol Inf Anjar Ari Wibowo, menerangkan, rakor dilaksanakan dalam rangka untuk membahas persiapan karya bakti TNI yang akan melaksanakan kegiatan Bersih-bersih Pantai Cibutun Desa Sangrawayang, Simpenan. Rencananya, akan dilaksanakan pada 4-7 oktober 2023.

"Kegiatan karya bakti TNI bersih-bersih pantai ini merupakan rangkaian dari peringatan HUT TNI ke-78 tahun 2023," kata Anjar.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Sukabumi Ade Suryaman mengapresiasi langkah Kodim 0622 untuk melaksanakan kegiatan bersih-bersih pantai. "Jajaran pemda akan mendukung kegiatan yang dilaksanakan oleh Kodim," katanya.

Ade berharap seluruh komponen ikut terlibat dalam kegiatan ini dan mengajak seluruh komponen untuk merawat dan menjaga kebersihan pantai. "Kalau sudah bersih akan berdampak pada peningkatan pariwisata yang ada di Sukabumi dan kita juga akan menghadapi healthy city summit tahun 2024," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement