Senin 02 Oct 2023 22:11 WIB

Partai Masyumi Perkuat Barisan Dukung Anies-Muhaimin

Partai Masyumi mengerahkan seluruh sumber dayanya untuk memenangkan Anies-Muhaimin.

Capres Anies Baswedan bersama sejumlah politisi dalam acara rakornas Partai Masyumi di Jakarta.
Foto: Masyumi
Capres Anies Baswedan bersama sejumlah politisi dalam acara rakornas Partai Masyumi di Jakarta.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Partai politik semakin menunjukkan dukungannya menjelang Pemilu 2024. Salah satunya Masyumi, berkomitmen mendukung pasangan calon presiden Anies Rasyid Baswedan - calon wakil presiden Muhaimin Iskandar dalam Pemilu 2024.

Ketua Umum DPP Partai Masyumi Dr Ahmad Yani mengatakan, seluruh kader Masyumi akan memperkuat barisan dan berjuang untuk kemenangan Anies Baswedan - Muhaimin Iskandar (Amin) dalam pemilihan capres pada Pemilu 2024.

Baca Juga

Ketua Majelis Syura Partai Masyumi - Bapak Dr Abdullah Hehamahua, SH, MM mengatakan bahwa Anies Baswedan adalah cucu pimpinan Masyumi AR Baswedan yang memperjuangkan pengakuan kedaulatan Indonesia di Timur Tengah, sedangkan cawapres Muhaimin Iskandar adalah cicit dari KH Bisri Syansuri, salah satu pendiri NU. KH Bisri Syansuri adalah kepala Staf Posko Ulama Surabaya yang langsung terjun melawan penjajah.

Kedua tokoh tersebut, yaitu AR Baswedan dan KH Bisri Syansuri, adalah ketua dan wakil ketua Majelis Syura Masyumi tahun 1945. Dengan demikian, pasangan Anies Baswedan – Muhaimin Iskandar adalah gerbang kemenangan politik umat Islam di Indonesia. Dengan latar belakang sejarah tersebut maka pasangan Amin merupakan  simbol bersatunya kembali Masyumi 1945 yang terdiri atas semua ormas Islam.

Deklarasi pemenangan Amin sekaligus pembukaan dari Rapat Koordinasi Nasional ke-1, diikuti seluruh DPW dari provinsi Aceh sampai Provinsi Papua. Adapun tujuan dari pelaksanaan RAKORNAS yang berlangsung dua hari, 30 September – 1 Oktober 2023 antara lain adalah:

1. Melakukan konsolidasi nasional dalam hal perumusan nilai-nilai perjuangan (Idiologisasi) dan penyiapan Instrumen Peraturan Teknis (Instrumentalisasi) serta upaya mobilisasi Perwujudan program perjuangan Partai (Implementasi).

2. Menyatukan gerakan dalam upaya pemenangan Mas Anies dan Gus Imin (Amin)

sebagai Presiden dan Wakil Presiden tahun 2024.

3. Memberikan pembekalan saksi dalam mencegah potensi kecurangan Pemilu

4. Memberikan masukan atas visi Indonesia yang Berdaulat Adil dan Makmur. 

Perhelatan rapat koordinasi nasional yang diawali dengan deklarasi tersebut dihadiri oleh pimpinan partai pengusung, partai pendukung, para tokoh nasional, kader Partai Masyumi dari seluruh penjuru tanah air, para relawan dan simpatisan Amin telah berjalan dengan penuh semangat.

Acara Deklarasi Pasangan Amin yang diselenggarakan oleh Partai Masyumi berlangsung lancar dan sukses. Meskipun terlihat penuh sesak tetapi seluruh hadirin mengikuti acara dengan khidmat. Hadir tamu khusus keluarga besar masyumi, yaitu Alif Pawono Wibisono, cucu Jusuf Wibisono, salah satu pendiri Partai Masyumi dan menteri keuangan RI tahun 1951-1959 di era Sukarno.

Dari Partai Pengusung, hadir Sekretaris Jenderal Partai PKS Aboe Bakar Alhabsyi mewakili DPP, sementara Taufik Hidayat mewakili pimpinan Partai Umat sebagai pendukung Amin, di samping Partai Masyumi. 

Kesuksesan acara Deklarasi Partai Masyumi juga terlihat dari awal pembukaan acara, dengan didukung dari para politisi senior dan para pengamat yang hadir, yaitu antara lain dari tokoh-tokoh KAMI: Prof Bachtiar Chamsyah, Presidium KAMI Adhie Massardi yang juga mantan juru bicara Presiden Gusdur dan Syahganda Nainggolan. Prof Hafidz Abbas mantan Ketua Komnas HAM, Refly Harun politisi sekaligus pemilik channel RH, Kisman Latumakulita dari Forum Keadilan dan Johny Edward dari FNN nampak di antara barisan undangan VIP. Prof Hafidz Abbas dan Ekonom Awalil Rizki memberikan pembekalan kepada peserta RAKORNAS. RAKORNAS ke-1 Partai Masyumi yang ditutup pada hari Ahad, 1 Oktober 2023 yang menghasilkan keputusan dan kebijakan berjalan dengan sukses.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement