Sabtu 30 Sep 2023 13:32 WIB

Membanggakan, Kulit Asli Garut Diproduksi untuk Penutup Kursi Pesawat

Kerja sama itu merupakan langkah maju untuk industri kulit Garut.

Rep: Bayu Adji P/ Red: Fuji Pratiwi
Sejumlah pekerja menjemur kulit sapi di industri penyamakan kulit PT Garut Makmur Perkasa (GMP), Garut Kota, Kabupaten Garut, Jawa Barat, Senin (15/3/2021).
Foto: ANTARA/Candra Yanuarsyah
Sejumlah pekerja menjemur kulit sapi di industri penyamakan kulit PT Garut Makmur Perkasa (GMP), Garut Kota, Kabupaten Garut, Jawa Barat, Senin (15/3/2021).

REPUBLIKA.CO.ID, GARUT -- Produsen kulit asal Kabupaten Garut, PT Garut Makmur Perkasa (GKP) bekerja sama dengan PT Batam Aero Technic (BAT), yang merupakan bagian dari Lion Air Group, untuk memproduksi penutup kursi pesawat. Kerja sama itu ditandai dengan penandatanganan kontrak antara dua perusahaan itu di Jakarta Convention Center, Jumat (29/9/2023).

Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Energi dan Sumber Daya Mineral (Disperindag ESDM) Kabupaten Garut, Ridwan Effendi, mengaku bangga karena produk kulit asal daerahnya itu dapat diproduksi untuk interior pesawat Lion Air Grup. Menurut dia, kerja sama itu merupakan langkah maju untuk industri kulit Garut. Kerja sama itu juga sekaligus membuktikan bahwa produk unggulan Garut terus dikenal dan dipakai oleh berbagai kalangan.

Baca Juga

"Ke depan harus lebih siap lagi untuk memenuhi kebutuhan benerapa maskapai penerbangan indonesia, bahkan dunia internasional lainnya," kata dia melalui siaran pers, kemarin.

Berdasarkan keterangan dari Disperindag ESDM Kabupaten Garut, kerja sama itu akan meliputi berbagai aspek, mulai dari pengembangan produksi material genuine leather untuk penutup kursi pesawat hingga pemasaran material seat dress cover. Diharapkan kerja sama itu akan membawa manfaat signifikan dalam meningkatkan kualitas interior pesawat udara.

 

Menurut Ridwan, Lion Air Group juga menyampaikan harapannya untuk membangun Kawasan Ekonomi Khusus Industri Kulit di Kabupaten Garut. Karenanya, kerja sama antara dua perusahaan itu diharapkan dapat menjadi langkah strategis dalam mengangkat industri kulit Indonesia ke skala dunia.

 

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement