Jumat 29 Sep 2023 14:22 WIB

Pakai Pakaian Adat Dan Nyentrik, Sejumlah Booth Pamerkan Produk Pangan di Rakernas IV PDIP

Produk hasil inovasi dan riset turut dipamerkan dalam Pameran Pangan Plus 2023 ini

PDI Perjuangan (PDIP) menggelar Pameran Pangan Plus 2023 sebagai bagian dari acara Rapat Kerja Nasional (Rakernas) ke-IV PDIP di Jakarta International Expo Kemayoran, Jakarta Pusat, Jumat (29/9/2023) sampai Ahad (1/10/2023).
Foto: Dok PDIP
PDI Perjuangan (PDIP) menggelar Pameran Pangan Plus 2023 sebagai bagian dari acara Rapat Kerja Nasional (Rakernas) ke-IV PDIP di Jakarta International Expo Kemayoran, Jakarta Pusat, Jumat (29/9/2023) sampai Ahad (1/10/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PDI Perjuangan (PDIP) menggelar Pameran Pangan Plus 2023 sebagai bagian dari acara Rapat Kerja Nasional (Rakernas) ke-IV PDIP di Jakarta International Expo Kemayoran, Jakarta Pusat, Jumat (29/9/2023) sampai Ahad (1/10/2023). 

Sejumlah booth pamerkan beberapa produk dari mulai alat bertani, hingga produk pangan hasil pertanian yang sudah bisa langsung disantap. Beberapa produk UMKM seperti pakaian juga dijajaki. 

Dilihat dari lokasi, tampak sejumlah booth-booth atau stand dalam Pameran Pangan Plus 2023 di Rakernas IV PDIP ini mulai diserbu para kader atau yang hadir dalam acara. 

Mereka antusias melihat produk yang dipamerkan dan dijual. Sesekali terlihat mereka memborong produk yang ditawarkan, seperti terlihat salah satunya di booth bernama Sagolicius, yang menjajaki olahan makanan dari bahan dasar sagu. 

Ada juga produk hasil inovasi dan riset yang dipamerkan dalam Pameran Pangan Plus 2023 ini. Salah satunya yang ditampilkan di booth milik PT Aero Reka Angkasa (ARA) yakni produk Konverter Kit Bahan Bakar Minyak (BBM) ke Bahan Bakar Gas (BBG). 

Sementara itu, para penjaga booth atau stand dalam pameran ini juga terlihat ramah dan penuh antusias dalam menjelaskan produk yang ditawarkannya. Beberapa diantara mereka bahkan berpenampilan nyentrik dengan pakaian adat dan sejumlah pernak-pernak aksesoris. 

Adapun Ketua panitia Pameran Pangan Plus 2023 Rahmad Handoyo mengatakan acara yang dilakukan pihaknya diisi dengan pertunjukan hasil produk pangan inovatif karya anak bangsa. 

"Kami akan pamerkan bibit super unggul hingga teknologi pengolahan yang menghasilkan ragam produk turunan inovatif bernilai tambah,” kata Rahmad. 

Menurutnya, dari pameran ini PDIP ingin menunjukan menjadi motor penggerak percepatan membangun kedaulatan pangan. Itulah mengapa pameran digelar dengan mempertontonkan beragam transformasi potensi pangan daerah yang bisa menjadi produk pangan unggulan di masa depan. 

Contohnya, budidaya padi, sorgum, porang, sagu, singkong, jagung, kelapa coklat, tebu hingga unggas ruminansia dan ikan, dan produk pangan olahan.Diketahui, peserta Pameran Pangan Plus 2023 terdiri dari 70 persen UMKM binaan PDI Perjuangan dan 30 persen dari mitra swasta nasional.  

Pengunjung saat Pameran Pangan Plus 2023 bisa menyaksikan berbagai hasil pemberdayaan sektor makro pertanian dari tingkat hulu hingga hilir. 

Adapun, peserta dalam Pemeran Pameran Pangan Plus 2023 terbagi dalam beberapa sektor seperti Zona Benih dan Tanaman yang diikuti Sekolah Berkebun dan PB Trubus. Zona Minuman dan Makanan Berbasis Tanaman Lokal diikuti oleh Eureka Cafe Store, Wardi, Kopi Walet Turatea, dan Kopi Aranio. 

Zona Produk Jamu Kesehatan Herbal diikuti oleh Amilatul Fadhilah dan Etty Rahayu, sedangkan Zona Produk Teknologi Pendukung Pertanian diisi oleh PT ARA.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement