Rabu 27 Sep 2023 19:23 WIB

UI dan Xiamen University Kerja Sama Pertukaran Mahasiswa

UI dan Xiamen University komtimen perkuat peranan perguruan tinggi.

Logo Universitas Indonesia
Logo Universitas Indonesia

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK -- Universitas Indonesia (UI) dan Xiamen University, China, memperluas kerja sama dalam beberapa program, di antaranya program kunjungan staf akademik maupun non-akademik, program penelitian gabungan, dan program pertukaran mahasiswa.

Sekretaris UI, dr. Agustin Kusumayati M.Sc., Ph.D. mengatakan komitmen UI dalam mendukung mahasiswa untuk melakukan student mobility (outbound) ke berbagai negara.

Baca Juga

Dalam hal ini, kata dr. Agustin, Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang dicanangkan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) ini menjadi salah satu hal yang dimanfaatkan dengan sangat baik oleh UI.

Program pertukaran pelajar difokuskan untuk mahasiswa rumpun sosial, khususnya di lingkup Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB), Fakultas Ilmu Administrasi (FIA), serta Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) UI.

Kedua perguruan tinggi dapat mengirimkan dua mahasiswa sarjana (minimal semester 5) atau magister (minimal semester 3) untuk mengikuti program pertukaran yang berdurasi satu tahun akademik.

"MBKM sebagai program yang memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk belajar di luar kampus, kami dukung sepenuhnya, mulai dari magang, pertukaran pelajar, hingga pengabdian masyarakat,” kata dr. Agustin di Kampus UI Depok, Rabu (27/9/2023).

Sementara itu, President of Xiamen University, Prof Zhang Zongyi memperkenalkan Xiamen University sebagai satu-satunya coastal university di China yang berlokasi persis menghadap Selat Taiwan.

Sebagai bagian dari leading university di China, Xiamen University selalu berpartisipasi dalam mendukung program pemerintah.

Prof Zhang juga menyinggung terkait kedekatan hubungan yang telah terjalin antara Xiamen University dengan Asia Tenggara. Ia mengatakan sebagian besar orang Tiongkok yang merantau ke Asia Tenggara berasal dari provinsi yang sama dengan universitas kami.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement