Selasa 26 Sep 2023 19:40 WIB

Taman Nasional Baluran Situbondo Ditutup Sementara Akibat Kebakaran

Taman nasional Baluran ditutup sementara bagi pengunjung wisata pada 25-30 September

Taman Nasional Baluran Situbondo, Jawa Timur, ditutup sementara bagi pengunjung wisata pada 25-30 September 2023
Foto: ANTARA/Budi Candra Setya
Taman Nasional Baluran Situbondo, Jawa Timur, ditutup sementara bagi pengunjung wisata pada 25-30 September 2023

REPUBLIKA.CO.ID, SITUBONDO -- Objek wisata alam Taman Nasional Baluran Situbondo, Jawa Timur, ditutup sementara bagi pengunjung wisata pada 25-30 September 2023 karena terjadi kebakaran hutan dan lahan.

Kepala Balai Taman Nasional Baluran Situbondo Johan Setiawan mengatakan pihaknya mengeluarkan surat edaran penutupan sementara objek wisata alam Taman Nasional Baluran sejak Senin (25/9/2023) karena khawatir mengganggu wisatawan.

"Jadi kebakaran hutan dan lahan itu terjadi di atas Gunung Baluran kawasan wisata sejak Senin (25/9/2023) siang dan sampai sore hari ini petugas kami berusaha memadamkan api," kata Johan saat dihubungi di Situbondo, Jawa Timur, Selasa.

Penutupan sementara kunjungan wisata Taman Nasional Baluran ini berdasarkan kondisi di lapangan yang saat ini sedang terjadi kebakaran hutan dan lahan di wilayah Gunung Baluran sebelah timur yang berdekatan dengan lokasi wisata jalur 1 (Batangan-Bekol-Bama).

Demi keamanan dan operasi pengendalian kebakaran hutan maka Balai Taman Nasional Baluran menyampaikan kepada seluruh wisatawan pengunjung bahwa objek dan daya tarik wisata alam pada kawasan Taman Nasional Baluran dinyatakan ditutup.

"Saat terjadi kebakaran kemarin, petugas kami langsung berusaha memadamkan api, tapi karena angin yang bertiup kencang membuat api cepat menjalar," kata Johan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement