Ahad 24 Sep 2023 17:54 WIB

Siap-Siap! Pendaftaran Uji Coba Gratis KA Cepat Whoosh Tahap 2 Kembali Dibuka

Pendaftaran uji coba gratis kereta api cepat Whoosh tahap 2 kembali dibuka hari ini.

Rep: Ali Mansur/ Red: Bilal Ramadhan
Penumpang Kereta Cepat Jakarta-Bandung dari Stasiun Tegalluar tiba di Stasiun Halim. Pendaftaran uji coba gratis kereta api cepat Whoosh tahap 2 kembali dibuka hari ini.
Foto: Republika/Dea Alvi Soraya
Penumpang Kereta Cepat Jakarta-Bandung dari Stasiun Tegalluar tiba di Stasiun Halim. Pendaftaran uji coba gratis kereta api cepat Whoosh tahap 2 kembali dibuka hari ini.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pendaftaran uji coba gratis naik Kereta Api Cepat Jakarta-Bandung atau KA Cepat untuk masyarakat umum kembali dibuka pada hari ini, Ahad (24/9/2023). Rencananya uji coba kereta cepat Jakarta-Bandung dan sebaliknya tahap dua ini untuk keberangkatan mulai Senin (25/9/2023) besok. 

"Bagi masyarakat yang belum mendapatkan kesempatan, PT KCIC kembali membuka pendaftaran uji coba KA Cepat tahap 2. pendaftaran selanjutnya akan dibuka 24 September untuk jadwal perjalanan uji coba 25-30 September 2023," ujar Corporate Secretary PT Kereta cepat Indonesia China (KCIC), Eva Chairunisa dalam keterangannya, Ahad (24/9/2023).

Baca Juga

Menurut Eva, pendaftaran uji coba operasional KA Cepat dengan penumpang tidak berbayar ini hanya bisa dilakukan melalui situs http://ayonaik.kcic.co.id/. Kegiatan uji coba KA Cepat tidak berbayar bersama penumpang ini akan dilakukan hingga 30 September 2023 dengan kuota terbatas yakni 500 tempat duduk untuk setiap perjalanan KA Cepat. 

"Selama masa uji coba terbatas KA Cepat dengan penumpang berlangsung, setiap harinya KCIC menyediakan 4 jadwal perjalanan pulang pergi (PP)," kata Eva. 

Sehingga, lanjut Eva, total terdapat 8 perjalanan KA yang beroperasi setiap harinya selama masa ujicoba yang akan berlangsung hingga 30 September 2023 mendatang. Setiap penumpang yang tercatat pada manifest perjalanan pada uji coba tahap kedua dipastikan sudah terlindungi asuransi sesuai dengan ketentuan yang berlaku. 

Eva juga mengimbau masyarakat memperhatikan jadwal perjalanan yang tersedia setiap harinya hingga 30 September 2023. Calon penumpang disarankan untuk tiba selambat-lambatnya satu jam sebelum perjalanan di stasiun keberangkatan guna menghindari antrian saat proses verifikasi data calon penumpang dilakukan. 

"Bagi calon penumpang yang ingin menuju Stasiun KA Cepat Halim dapat melalui akses jalan DI Panjaitan yang telah dibuka untuk umum," tutur Eva. 

Sedangkan untuk masyarakat yang berada di area Bandung, KCIC bekerjasama dengan Damri dan Mall Summarecon  menyediakan armada shuttle bagi masyarakat. Adapun titik keberangkatan adalah Pool Damri Soekarno Hatta Bandung dan kawasan Mall Summarecon. 

"Selain menggunakan shuttle, untuk kendaraan yang akan menuju Stasiun Tegalluar juga dapat melalui exit tol KM 149 arah Cileunyi yang beroperasi mulai pukul 07.00 sampai dengan 17.00 WIB," terang Eva. 

Berikut rincian mengenai waktu dan tata cara mengikuti uji coba operasional KA Cepat tahap kedua: 

1. Pendaftaran tahap 2 dibuka pada 24 September untuk keberangkatan tanggal 25 s.d 30 September 2023

2. Buka website ayonaik.kcic.co.id 

3. Pilih rute perjalanan, tanggal keberangkatan dan jumlah penumpang. 

4. Isi data penumpang sesuai dengan identitas dan ikuti alur pendaftaran. 

5. Setelah melakukan pendaftaran, calon penumpang akan mendapatkan email sebagai bukti pendaftaran 

6. Satu pendaftar dapat melakukan pemesanan untuk maksimal 2 penumpang. 

4. Satu NIK hanya dapat melakukan pemesanan 1 kali selama masa uji coba. 

5. Pada hari H perjalanan, calon penumpang wajib melakukan verifikasi kepada petugas KCIC dengan menunjukkan bukti pendaftaran dan kartu identitas.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement