Sabtu 23 Sep 2023 20:03 WIB

Baru Masuk PSI, Kaesang Disebut Cocok Jadi Ketua Umum

Kaesang juga dinilai punya potensi langsung menduduki posisi Dewan Pembina PSI.

Ketum PSI Giring Ganesha dan Grace Natalie wakil ketua dewan pembina DPP PSI tiba di kediaman Jokowi di Solo disambut Kaesang Pangarep dan istrinya Erina Gudono, Sabtu (23/9/2023).
Foto: Republika/Alfian Choir
Ketum PSI Giring Ganesha dan Grace Natalie wakil ketua dewan pembina DPP PSI tiba di kediaman Jokowi di Solo disambut Kaesang Pangarep dan istrinya Erina Gudono, Sabtu (23/9/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pengamat Politik Adi Prayitno menilai putra Presiden Joko Widodo Kaesang Pangarep dapat menjadi ketua umum atau dewan pembina dari Partai Solidaritas Indonesia (PSI), setelah resmi bergabung dan mendapatkan kartu tanda anggota.

"Untuk jabatan, dewan pembina atau ketua umum partai, kalau hanya kader biasa, tidak sebanding dengan nama besarnya," katanya di Jakarta, Sabtu (23/9/2023).

Baca Juga

Dia menjelaskan Kaesang dapat menjadi aktor penting, yang dapat meloloskan PSI ke Senayan pada Pemilu 2024. Hasil Pemilihan legislatif di Tahun 2019, PSI mendapatkan 1,9 persen dari syarat empat persen untuk ambang batas parlemen.

"Tinggal mencari dua persen, saya kira ada portofolio Kaesang, dan itu sangat mungkin," ujar Direktur Parameter Politik Indonesia itu.

Hal senada disampaikan Politikus PDI Perjuangan Deddy Yevri Sitorus, yang menilai Kaesang tak cocok jika hanya mendapat posisi sebagai anggota biasa.

"Kalau saya jujur aja, kalau Kaesang di PSI hanya jadi anggota, se-gede anak presiden, kurang pantas lah," katanya menegaskan.

Deddy menyampaikan Kaesang berpotensi langsung menduduki sebagai Dewan Pembina PSI atau mungkin posisi lain seperti Sekretaris Dewan Pembina.

"Minimal Dewan Pembina lah, biar cepat belajar, Sekertaris Dewan Pembina dong. Ketua Umum mah di PSI kapan aja bisa diganti, nggak urus, minimal Dewan Pembina," kata Deddy.

Menurut Deddy, jika Kaesang menempati posisi strategis maka mampu menggaet suara-suara pemilih muda. Namun, Deddy merasa kasihan apabila Kaesang tidak dapat posisi vital di PSI.

Sebelumnya, Putra bungsu Presiden Jokowi Kaesang Pangarep resmi menjadi kader Partai Solidaritas Indonesia (PSI). Kaesang menerima kartu tanda anggota (KTA) PSI dengan nomor anggota S317420230151515.

Penyerahan KTA digelar di kediaman Kaesang di Kelurahan Sumber, Kecamatan Banjarsari, Kota Solo, Jawa Tengah, Sabtu (23/9/2023).

Wakil Ketua Dewan Pembina PSI Grace Natalie mengatakan, hubungan persahabatan antara PSI dan Kaesang sudah terjalin cukup lama.

"Kami mengapresiasi Mas Kaesang mau turun ikut berjuang bersama teman-teman PSI. Hari ini sebuah kegembiraan bagi kami semua, bisa menyambut anggota baru kami, Mas Kaesang," kata Grace.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement