Rabu 20 Sep 2023 20:12 WIB

PD Bhayangkari Jabar Ambil Bagian di Bazar Kreasi Bhayangkari Nusantara 2023

Event bergengsi tahunan ini jadi ajang showcasing produk unggulan Bhayangkari Jabar.

Ketua PD Bhayangkari Polda Jabar, Ny Ges Akhmad Wiyagus (tengah) mencoba hasil karya UMKM batik dari daerah di Jabar di stan Bazar Kreasi Bhayangkari 2023 di JCC, Jakarta.
Foto: dok. Republika
Ketua PD Bhayangkari Polda Jabar, Ny Ges Akhmad Wiyagus (tengah) mencoba hasil karya UMKM batik dari daerah di Jabar di stan Bazar Kreasi Bhayangkari 2023 di JCC, Jakarta.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Pengurus Daerah (PD) Bhayangkari Polda Jawa Barat ikut ambil bagian dalam kegiatan ‘Bazar Kreasi Bhayangkari Nusantara 2023’ yang dibuka secara resmi oleh Ketua Umum Bhayangkari, Ny Jualiti Listyo Sigit Prabowo di Jakarta Convention Center (JCC), Rabu (20/9/2023). Kegiatan yang berlangsung hingga 24 September ini, diikuti seluruh PD Bhayangkari seluruh Indonesia. PD Bhayangkari Jawa Barat, sendiri menyuguhkan produk UMKM wastra, fashion craft, dan makanan. 

Dalam sambutannya, Ny Juliati, mengatakan, kegiatan kali ini mengambil tema ‘UMKM Bhayangkari Naik Kelas Menciptakan Bhayangkari Mandiri’. Sebanyak 488 stand ambil bagian dalam kegiatan tahunan ini.  

Dia mengatakan, kegiatan ini tetap mengedepankan karya produk serta kuliner UMKM Bhayangkari dari seluruh Indonesia.’’Harapannya ke depan bisa menjadi event bazar yang dinanti serta menjadi ajang tempat berkumpul dan berkarya para pelaku UMKM setiap tahunnya, ‘’ kata dia dalam keterangannya yang diterima Republika.co.id, Rabu (20/9/2023).

Ketua PD Bhayangkari Jawa Barat, Ny Ges Akhmad Wiyagus, mengatakan, event bergengsi tahunan ini menjadi ajang showcasing (menampilkan) produk-produk unggulan Bhayangkari Jawa Barat. Tak hanya itu, kata dia, kegiatan ini juga menjadi wahana latihan dalam menambah kemampuan daya saing. 

"Dan tentunya kegiatan ini sebagai ajang temu kangen keluarga besar Bhayangkari seluruh Indonesia," kata Ges dalam keterangannya.

Dalam kegiatan ini, lanjut Ges, PD Bhayangkari Jawa Barat menyuguhkan produk  UMKM wastra (kain tradisional) dan fashian craft dari PC Bhayangkari Polrestabes Bandung, Polres Bogor Kabupaten, Polresta Bogor, Polres Cimahi, Polres Tasikmalaya Kota, Polres Tasikmalaya Kabupaten, Polres Cianjur, dan Polresta Cirebon. Sedangkan produk UMKM makanan dari PC Bhayangkari Polresta Bandung, Polres Ciamis, Polresta Bogor, Polres Garut, Polres Kuningan, Polresta Cirebon, Polres Sukabumi Kota,Polres Karawang, Polres Purwakarta, Polres Pangandaran,  Polres Sumedang, dan Pimstaf.

Untuk produk UMKM makanan khas berasal dari Polres Kkuningan, Polresta Cirebon, Polresta Bogor, Polrestabes Bandung, Polres Indramayu, Polres Sukabumi Kota, Polres Karawang, Polres Cianjur, Polres Subang, Polres Bogor Kabupaten, Polres Tasikmalaya Kota, Polres Sukabumi, Polres Garut, Polresta Bandung, Polres Purwakarta, Polres Banjar, dan Polres Majalengka.

Sedangkan kuliner UMKM menampilkan produk dari PC Bhayangkari Polres Cimahi, Polresta Bogor, Polres Bogor, Polres Sumedang . Untuk produk UMKM fashion UMKM Bhayangkari berskala sedang diantaranya By Nit Project,  Justmine, Vinar Leather, Raddhin, She Eceu,  dan YS Batik.

‘’Sekali lagi terimakasih Ibu Ketua Umum Bhayangkari yang telah memfasilitasi kami dengan memberikan ruang promosi, gelar produk, sekaligus sebagai ajang temu bisnis,’’ tutur Ges.

Dikatakan Ges,  ratusan UMKM Bhayangkari Jawa Barat masih masuk kategori  mikro. Hanya sedikit saja yang sudh berlabel usaha kecil. Ia mengatakan, usaha kecil ini harus bisa naik kelas menjadi UMKM. Salah satu upaya agar usaha kecil tersebut bisa naik kelas, PD Bhayangkari Jawa Barat rutin menggelar pelatihan-seperti optimalisasi pengelolaan media sosial untuk kepentingan pemasaran, dan  pelatihan pengolahan keuangan. 

"Kunci suksesnya UMKM Bhayangkari yaitu mampu menjalin bekerjasama dengan instansi terkait, praktisi atau akademisi, yang memiliki kapasitas dan kompetensi dalam  membagi bidang seperti  ekonomi digital, manajemen sumber daya manusia," tutur dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement