Selasa 19 Sep 2023 22:49 WIB

Terminal Baru Bandara Tampa Padang di Sulbar Resmi Beroperasi

Peresmian terminal baru Bandara Tampa Padang bertepatan dengan Hari Jadi Sulbar.

Pesawat tiba di Bandara Tampa Padang, Mamuju, Sulawesi Barat. Terminal baru Bandara Tampa Padang Kabupaten Mamuju resmi beroperasi.
Foto: Antara/Sigid Kurniawan
Pesawat tiba di Bandara Tampa Padang, Mamuju, Sulawesi Barat. Terminal baru Bandara Tampa Padang Kabupaten Mamuju resmi beroperasi.

REPUBLIKA.CO.ID, MAMUJU -- Terminal baru Bandara Tampa Padang Kabupaten Mamuju resmi beroperasi setelah diresmikan Penjabat Gubernur Sulawesi Barat (Sulbar) Zudan Arif Fakrulloh. Peresmian ini bertepatan dengan Hari Jadi ke-19 Provinsi Sulbar.

"Empat bulan lalu saya pertanyakan kapan dioperasikan dan saya usulkan kalau bisa dioperasikan pada hari jadi Sulbar. Minimal soft launching sambil merapikan semuanya," kata Zudan Arif Fakrulloh, saat meresmikan pengoperasian terminal baru Bandara Tampa Padang Mamuju, Selasa (19/9/2023).

Baca Juga

Peresmian ditandai dengan pengguntingan pita di pintu masuk gedung terminal baru Bandara Tampa Padang oleh Penjabat Gubernur Sulbar bersama mantan Gubernur Sulbar Anwar Adnan Saleh, Ketua DPRD Sulbar, Kapolda serta Bupati Mamuju, kemudian dilanjutkan dengan menyaksikan penerbangan perdana di terminal baru tersebut.

Ia menyampaikan, pengoperasian terminal baru Bandara Tampa Padang Mamuju tersebut sudah direncanakan sejak di awal menjabat sebagai Penjabat Gubernur Sulbar. "Berkat dukungan Kemenhub dan Presiden Joko Widodo akhirnya terminal baru Bandara Tampa Padang dapat dipersembahkan, tepat pada momen perayaan Hari Jadi ke-19 Sulbar ini," kata Zudan Arif Fakrulloh.

Pemerintah Provinsi Sulbar lanjutnya, saat ini masih memproses untuk pembukaan "direct flight" atau penerbangan langsung dari Mamuju ke Jakarta. Penjabat Gubernur juga mengajak seluruh pemerintah kabupaten untuk meramaikan Bandara Tampa Padang Kabupaten Mamuju tersebut.

"Misalnya, dari Kabupaten Luwu Utara kita buka akses penerbangan ke Kalumpang-Bonehau serta dari Toraja ke Mamasa bisa lewat di sini. Kita juga gandeng pengusaha agar kargonya bisa dilayani melalui bandara ini," jelasnya.

Sementara itu, mantan Gubernur Sulbar periode 2006-2016 Anwar Adnan Saleh yang merupakan salah seorang perintis dalam memperjuangkan berdirinya terminal baru tersebut mengaku bangga dengan pengoperasian terminal baru Bandara Tampa Padang Mamuju. "Saya berterima kasih atas inisiatif untuk segera menggunakan terminal baru ini karena ini akan menjadi ikon baru Provinsi Sulbar. Saya berharap terminal ini digunakan sebaik-baiknya dan akan menjadi kebanggaan bagi masyarakat Sulbar," kata Anwar Adnan Saleh.

Bandara Tampa Padang adalah bandar udara yang terletak di Kecamatan Kalukku yang berjarak sekitar 27 kilometer dari Kota Mamuju. Bandar udara ini memiliki ukuran landasan pacu 2.500 × 45 meter dan dua taxiway dan terminal yang dapat menampung lebih 100 penumpang.

Pada 2017 dilakukan pembangunan terminal baru Bandara Tampa Padang dengan nilai anggaran pembangunan mencapai Rp 112 miliar. Namun, pengerjaan terminal baru Bandara Tampa Padang Mamuju yang akan mampu menampung 1.000 orang tersebut, sempat terkendala akibat penyelesaian ganti rugi lahan milik warga yang digunakan membangun terminal baru bandara tersebut.

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement