Senin 18 Sep 2023 19:20 WIB

Kala Ganjar Ditanya Mahasiswa UI: Jika Jadi Presiden, Apakah akan Jadi Boneka Megawati?

Pertanyaan itu sontak membuat Balai Serbaguna UI riuh dengan tepuk tangan.

Mantan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo bersiap menyampaikan paparan saat kuliah kebangsaan di Universitas Indonesia, Depok, Jawa Barat, Senin (18/9/2023). Kuliah kebangsaan tersebut bertajuk Hendak Kemana Indonesia Kita? Gagasan, Pengalaman dan Rancangan Para Pemimpin Indonesia.
Foto:

Ganjar menegaskan, dirinya memang kader partai, tapi kondisi tersebut akan berbeda saat menjabat di jabatan publik. "Saya kader partai, tapi presiden bukan, gubernur bukan. Itulah melayani," kata Ganjar.

 

Menurutnya, seseorang harus membedakan kondisi saat memegang jabatan publik seperti gubernur atau presiden. Ia kemudian meminta untuk melihat rekam jejaknya sebagai pejabat publik untuk benar-benar menilai apakah ia menjadi petugas partai atau rakyat selama memimpin.

"Kita bisa membedakan ketika kita sedang berada di jabatan apa yang kita lakukan. Maka ketika anda riset tentang saya, apakah yang saya lakukan? adakah kemudian saya hanya berpihak kepada partai saya? mungkin nyaris anda tidak akan menemukan," katanya.

Ganjar pun mempersilakan siapapun melihat rekam jejak dirinya selama menjabat gubernur untuk menilai kemungkinan dirinya disetir partai saat menjadi presiden. "Simpel saja kalau saya bicara itu nanti, next. Saya minta kamu lihat 10 tahun saya, 10 tahun itu artinya saya terpilih dua kali," jelas Ganjar.

Dekan FISIP UI, Prof. Semiarto Aji Purwanto mengatakan yang diundang pada kuliah kebangsaan FISIP UI bukan dalam kapasitas mereka sebagai calon presiden. Mereka diundang sebagai tokoh-tokoh yang memiliki pemikiran terhadap masa depan Indonesia.

 

“Tokoh tersebut kami undang berdasarkan kapasitasnya sebagai anak bangsa yang memiliki spektrum luas terhadap publik, dimana memiliki pemikiran dan pandangan terhadap masa depan Indonesia, bukan sebagai calon presiden,” ujarnya.

 

photo
Karikatur Opini Republika : Musim Tanam Janji - (Republika/Daan Yahya)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement