Senin 18 Sep 2023 09:43 WIB

Dampingi Jokowi, Prabowo-Erick Hadiri Pembukaan Munas dan Konbes NU

Prabowo-Erick tampak mendampingi Jokowi memasuki acara sekira pukul 08.23 WIB.

Rep: Muhyiddin/ Red: Agus raharjo
Presiden RI Joko Widodo bersama Menteri BUMN, Erick Thohir dan Menteri Pertahanan (Menhan) RI, Prabowo Subianto, Senin (24/7/2023). (Ilustrasi) 
Foto: Republika/Wilda Fizriyani 
Presiden RI Joko Widodo bersama Menteri BUMN, Erick Thohir dan Menteri Pertahanan (Menhan) RI, Prabowo Subianto, Senin (24/7/2023). (Ilustrasi) 

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bakal calon presiden (capres) sekaligus Menteri Pertahanan, Prabowo Subianto dan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir menghadiri pembukaan Musyawarah Nasional Alim Ulama dan Konferensi Besar Nahdlatul Ulama (Munas dan Konbes NU) 2023. Munas dan Konbes NU akan digelar di Pondok Pedantren Al Hamid, Cilangkap, Jakarta Timur, Senin (18/9/2023).

Dengan mengenakan baju warna putih, Prabowo dan Erick tampak mendampingi Presiden Joko Widodo yang memasuki acara sekira pukul 08.23 WIB. Presiden Jokowi hadir dengan mengenakan jas hitam dan sarung. Dia tampak berjalan beriringan bersama Rais Aam PBNU, KH Miftachul Akhyar dan Ketua Umum PBNU KH Yahya Cholil Staquf.

Baca Juga

Selain itu, pembukaan Munas dan Konbes NU ini juga dihadiri Menteri Agama, Yaqut Cholil Qoumas, Menkopolhukam Mahfud MD, dan Menteri PANRB Abdullah Azwar Anas. Hadir pula Ketua DPR, Puan Maharani.

Acara pembukaan Munas dan Konbes NU ini diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan juga lagu khas warga Nahdliyin, Ya Lal Wathon. Para tamu penting yang hadir pun turut mengepalkan tangan saat Ya Lal Wathon dilantunkan, termasuk Jokowi, Prabowo, dan Erick.

Tidak hanya itu, acara ini juga diawali dengan membaca sholawat bersama-sama. Untuk diketahui, Munas dan Konbes NU 2023 ini akan digelar di Pondok Pedantren Al Hamid, Cilangkap, Jakarta Timur dan Asrama Haji Pondok Gede pada 18-20 September 2023.

Setelah dibuka di Pesantren Al Hamid, kemudian para peserta akan mengikuti semua rangkaian kegiatan yang akan dipusatkan di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta Timur. Di asrama haji ini, semua peserta akan bersidang dan menginap.

Munas dan Konbes NU kali ini akan mengangkat tema "Mendampingi Umat Memenangi Masa Depan". Ketua SC, KH Abdul Ghofur Maimoen menyampaikan, tema tersebut menunjukkan upaya NU dalam memberi pendampingan umat menuju masa depan yang baik.

"Kaki kita yang satu dimiliki umat sekarang. Yang satu lagi mendampingi masa depan, melangkah ke masa depan," ujar dia.

Oleh karena itu, Kiai Ghofur menyampaikan bahwa persoalan yang bakal dibahas di Munas dan Konbes NU 2023 ini tidak hanya berkaitan dengan masalah-masalah masa kini, tetapi juga problem yang menyangkut masa depan. "Ada pembicaraan isu kaitannya dengan bagaimana umat ini masa depannya di berbagai bidang," ujar Rais Syuriyah PBNU ini.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement