Senin 18 Sep 2023 09:16 WIB

Pemprov Kalteng Bawa Potensi Daerah di China-Asean Expo 2023

Kalteng promosikan potensi daerah di Paviliun Nasional Indonesia City of Charm.

Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah (Pemprov Kalteng) berpartisipasi pada Paviliun City of Charm di China-Asean Expo (CAEXPO) 2023 ke-20, Nanning Guangxi, China.
Foto: Dok. Pemprov Kalteng
Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah (Pemprov Kalteng) berpartisipasi pada Paviliun City of Charm di China-Asean Expo (CAEXPO) 2023 ke-20, Nanning Guangxi, China.

REPUBLIKA.CO.ID, NANNING -- Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah (Pemprov Kalteng) berpartisipasi pada Paviliun City of Charm di China-Asean Expo (CAEXPO) 2023 ke-20, Nanning Guangxi, China, pada tanggal 16 hingga 19 September 2023 mendatang. Pada Pameran tahunan bertaraf internasional ini, Pemprov Kalteng berkesempatan berpartisipasi mempromosikan potensi provinsi/daerah melalui Paviliun Nasional Indonesia City of Charm dan Paviliun Komoditas yang melibatkan Industri Pariwisata, Sanggar Kesenian Tari Budaya, Pengusaha (pihak swasta) di berbagai sektor komoditas unggulan, serta pengrajin dan IKM/UMKM.

Pembukaan CAEXPO ke-20 dan China-ASEAN Business Investment Summit (CABIS) ke-20 di Osmanthus Hall, Nanning International Convention and Exhibition Center (NICEC), Nanning, Wilayah Otonomi Guangxi, Tiongkok, Ahad (17/9/2023) pagi, dihadiri langsung Wakil Presiden (Wapres) K.H. Maruf Amin serta para pimpinan negara Tiongkok dan ASEAN.

Baca Juga

Wakil Gubernur Kalteng Edy Pratowo mengatakan, pihaknya mengucapkan terima kasih dan apresiasi yang setinggi- tinginya atas terselenggaranya kegiatan ini. Ia mengatakan, akan menindaklanjuti kesepakatan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) China- ASEAN ke-7 di Bali, dalam kerangka kerja sama perdagangan dan Ekonomi China ASEAN Free Trade Area atau CAFTA, Pameran tahunan bertaraf internasional ini bertujuan untuk meningkatkan hubungan persahabatan, mempercepat pembangunan, dan mempromosikan kerja sama di berbagai bidang, terutama perdagangan, investasi dan pariwisata.

“Menjadi harapan kita bersama, event ini menjadi sarana strategis untuk mengembangkan dan mempromosikan produk-produk unggulan potensial Kalimantan Tengah di pasar luar negeri, serta strategi untuk menembus pasar tersebut,” ungkapnya, dalam keterangan tertulis, Senin (18/9/2023).

photo
Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah (Pemprov Kalteng) berpartisipasi pada Paviliun City of Charm di China-Asean Expo (CAEXPO) 2023 ke-20, Nanning Guangxi, China. - (Dok. Pemprov Kalteng)

 

Ia menyebutkan, sejalan dengan Misi Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah 2021-2026, yakni 'Mempercepat Pembangunan Ekonomi yang Produktif, Kreatif, dan Berwawasan Lingkungan', Pemprov Kalteng terus melakukan berbagai langkah strategis dan terobosan untuk mengoptimalkan pembangunan perekonomian daerah, di antaranya melalui promosi dagang bagi produk-produk ekspor unggulan Kalteng.

Untuk itu, lanjut Edy, Pemprov Kalteng juga fokus terhadap kemajuan ekspor Kalteng, salah satunya melalui kebijakan yang diberikan untuk mendukung pertumbuhan ekspor Kalimantan Tengah, baik itu kepada para eksportir existing, calon eksportir atau potensial ekspor, dan pelaku usaha IKM lainnya. 

Di samping itu, lanjut dia, dukungan Dewan Kerajinan Nasional Daerah (DEKRANASDA) sebagai mitra Pemerintah Daerah berperan penting dalam membina dan menumbuhkembangkan Industri Kecil dan Menengah (IKM) Kalteng bagi penguatan ekonomi masyarakat dan daerah.

“Oleh karena itu, IKM-IKM yang ada harus dipandang dan diposisikan sebagai salah satu aset dan pilar utama ekonomi daerah, bahkan Nasional,” katanya.

“Harapan kami ke depan, kinerja Perdagangan Luar Negeri Kalimantan Tengah akan semakin baik, dan Pelaku IKM Kalimantan Tengah semakin banyak yang Go Global, mampu melakukan ekspor dan memiliki nilai tambah ekonomi, terlebih potensi alam yang dimiliki Kalimantan Tengah luar biasa dan memiliki keunikan, seperti kerajinan getah nyatu, benang bintik, rotan, aneka jenis ikan, dan lainnya,” tambahnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement