Ahad 10 Sep 2023 21:24 WIB

Lion Dukung BNN Antisipasi Peredaran Narkoba Lewat Pengiriman Paket

Lion Parcel selalu permudah data-data pendukung bila ada investigasi narkoba

Perusahaan jasa pengiriman Lion Parcel atau PT. Lion Express.
Foto: Dok. Lion Parcel
Perusahaan jasa pengiriman Lion Parcel atau PT. Lion Express.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Kolaborasi antarpihak menjadi salah satu kunci utama dalam menghentikan peredaran narkoba di lingkungan masyarakat. Salah satu kolaborasi yang diperlukan ialah dengan penyedia jasa pengiriman. Di mana, apabila ditemukan paket yang dicurigai sebagai barang terlarang, maka temuan tersebut akan dilaporkan kepada Badan Narkotika Nasional (BNN).

“Kami selalu memberikan ruang bagi pihak BNN untuk melakukan investigasi terkait peredaran narkoba. Kami juga terbuka dengan data-data pendukung yang dapat memudahkan proses investigasi,” ujar Chief Compliance and Network Officer Lion Parcel, Victor Ary Subekti, Ahad (10/9/2023).

Dia menjelaskan, pihaknya menerapkan sejumlah kebijakan dalam proses bisnis Lion Parcel untuk memastikan komitmen tersebut terealisasi dengan baik. Hal itu diharapkan dapat mendukung negara dan bangsa ini dalam mewujudkan masyarakat Indonesia yang bersih dari penyalahgunaan dan peredaran narkoba.

Menurut Victor, Lion Parcel berkomitmen untuk bertindak kooperatif dengan cara segera memberikan laporan kepada BNN apabila ditemukan paket yang dicurigai sebagai barang terlarang. Langkah itu dilanjutkan dengan memberikan ruang bagi tim BNN untuk melakukan investigasi atas laporan tersebut. Dalam prosesnya, Lion Parcel juga membantu BNN dengan memberikan data-data pengiriman yang dibutuhkan guna mendukung proses penyidikan.

“Salah satu bukti nyata dari komitmen ini adalah dimana Lion Parcel dan BNN berhasil menggagalkan dua pengiriman yang berisi narkoba dan sudah dirilis ke publik pada akhir bulan Juli lalu,” kata Victor.

Lion Parcel juga mendukung BNN dengan memberikan data pengiriman yang dibutuhkan untuk ditindaklanjuti. Data-data tersebut menjadi acuan tim BNN dalam memetakan area-area tertentu yang rawan peredaran narkoba. Tidak hanya kolaborasi dengan pihak berwajib, pihaknya juga memperkuat sistem operasional untuk mencegah peredaran narkoba. 

Sebagai langkah preventif, tersedia alat X-ray di hub-hub Lion Parcel untuk memastikan keamanan barang-barang sebelum diproses lebih lanjut. Dalam bekerja sama dengan para mitra agen, Lion Parcel juga mewajibkan mitra memasang CCTV guna keamanan bersama. Di sisi lain, Lion Parcel juga rutin mengadakan tes narkoba bagi seluruh karyawan dan memastikan tim terbebas dari catatan kriminal.

“Selain itu, kami juga memfasilitasi Pelatihan Penanganan dan Pengendalian Narkoba di Lingkungan Kerja (PPNLK) bagi karyawan untuk memperkuat komitmen dukungan,” kata dia.

Deputi Pemberantasan BNN, Irjen Pol I Wayan Sugiri, menyampaikan apresiasinya atas dukungan Lion Parcel terhadap BNN dalam memberantas peredaran narkoba melalui jasa pengiriman. Menurut dia, kolaborasi dan kerja sama antar pihak merupakan salah satu kunci utama dalam menghentikan peredaran narkoba di lingkungan masyarakat.

“Kami sangat terbuka atas kerja sama seluruh pihak baik perusahaan maupun masyarakat umum dalam menerima laporan indikasi adanya peredaran narkoba,” kata Wayan.

Dukungan tersebut merupakan realisasi nota kesepahaman antara BNN dengan Lion Group tentang Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika dan Prekursor Narkotika. Sebagai perusahaan bagian dari Lion Group, Lion Parcel turut mendukung kerja sama ini melalui berbagai upaya dalam mendeteksi dini adanya peredaran narkoba di masyarakat. 

“Dengan adanya semangat yang sama, kami berharap kolaborasi ini bisa terus berjalan sehingga kita semua bisa berkontribusi dalam mewujudkan negara yang bebas narkoba,” ujar Wayan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement