Ahad 10 Sep 2023 19:23 WIB

Binus ASO Soroti Tren Inovatif Desain Kendaraan Militer

Binus ASO gandeng PT SSE mengadakan talk show tentang teknologi kendaraan militer

Seorang anggota pengawal presiden berfoto di dekat kendaraan militer (ilustrasi).
Foto: AP/Tatan Syuflana
Seorang anggota pengawal presiden berfoto di dekat kendaraan militer (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Engineering dan desain produk merupakan ilmu yang bersinggungan erat dengan banyak bidang dalam kehidupan sehari-hari, termasuk militer. Diperlukan adanya peralatan teknologi yang mampu menjawab tantangan terkini sekaligus meningkatkan kemudahan peranan militer untuk menjaga keamanan sebuah negara.

“Militer memang penting untuk perlindungan negara, tapi tidak bisa disangkal, ada potensi korban jiwanya. Makanya, kita ingin menekan angkanya sebisa mungkin dengan teknologi, salah satunya dari desain produk. Semoga kita bisa bersama-sama melihat bagaimana desainnya akan semakin aman dan mudah digunakan,” ucap Head of Product Design Engineering Program Binus ASO, Yosica Mariana, Ahad (10/9/2023).

Oleh sebab itu, Binus ASO School of Engineering (BASE) mengadakan BASE ON Talk dengan tema ‘Innovative Technologies in Military Vehicle Product Design’ bersama PT Sentra Surya Ekajaya (SSE) pada Sabtu (9/9/2023). Pemilihan topik itu berlandaskan keterkaitan isi pembicaraan dengan garis besar kurikulum yang dipelajari oleh peserta program studi PDE.

“Cara mendesain prototipe produk berdasarkan kebutuhan pengguna, memilih material yang paling pas, dan merancang produknya dengan teknologi terkini. Dengan demikian, para peserta GAMBASE bisa memperoleh gambaran yang lebih jelas tentang segelintir kehidupan sebagai mahasiswa program Product Design Engineering,” kata dia.

Selain menyoroti kegiatan dan manfaat dari program studi Product Design Engineering, Binus ASO School of Engineering juga ingin membagikan wawasan terkini dari dunia engineering dan desain produk kepada masyarakat publik. Maka dari itu, Binus ASO bekerja sama dengan PT SSE untuk mengadakan talk show tentang teknologi dan tren terkini dalam bidang desain produk kendaraan militer.

Direktur Teknologi PT SSE, Yusuf Nurdin Wartadinata, memberikan gambaran singkat tentang perusahaannya, mulai dari produk yang ditawarkan hingga berkecimpung dalam industri bidang militer. Kemudian, dia membahas tentang teknologi yang digunakan dalam setiap produk keluaran PT SSE serta perbedaannya dengan teknologi kendaraan militer pada umumnya.

Yusuf juga akan memperkenalkan inovasi-inovasi dari PT SSE untuk senantiasa mengembangkan produknya serta SDM yang diperlukan untuk mewujudkannya. Terakhir, penjelasannya juga berfokus pada tren-tren penting dalam dunia desain kendaraan untuk bidang militer.

“Saya merasa terhormat bisa sharing inovasi dari PT SSE dan ilmu baru ke berbagai kalangan. Tidak hanya key figures industri, tapi juga mahasiswa, adik-adik yang akan berkuliah, dan masyarakat awam. Semoga apa yang disampaikan di sini bisa membangun ketertarikan mereka dalam bidang product design dan manfaat dari kendaraan militer,” kata Yusuf. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement