Sabtu 09 Sep 2023 21:26 WIB

Pabrik Pakan Ternak Diharapkan Jadi Solusi Bagi Peternak Mandiri di Kalteng

Pabrik pakan Kalteng punya kapasitas produksi 10 ton per jam atau 80 ton per hari.

Wakil Gubernur (Wagub) Kalteng melakukan Peletakan Batu Pertama Pembangunan Pabrik Pakan Ternak, yang dipusatkan di Trans Parenggean-Tumbang Sangai Km 9, Desa Bukit Harapan Kecamatan Parenggean Kabupaten Kotawaringin Timur, Sabtu (9/9/2023).
Foto: Pemprov Kalteng
Wakil Gubernur (Wagub) Kalteng melakukan Peletakan Batu Pertama Pembangunan Pabrik Pakan Ternak, yang dipusatkan di Trans Parenggean-Tumbang Sangai Km 9, Desa Bukit Harapan Kecamatan Parenggean Kabupaten Kotawaringin Timur, Sabtu (9/9/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, KOTAWARINGIN TIMUR -- Wakil Gubernur (Wagub) Kalteng melakukan Peletakan Batu Pertama Pembangunan Pabrik Pakan Ternak, yang dipusatkan di Trans Parenggean-Tumbang Sangai Km 9, Desa Bukit Harapan Kecamatan Parenggean Kabupaten Kotawaringin Timur, Sabtu (9/9/2023).

Wagub Kalteng Edy Pratowo saat membacakan sambutan Gubernur Kalteng mengatakan, sebagai salah satu sumber pangan yang strategis, kebutuhan terhadap komoditas peternakan seperti daging sapi, telur dan daging ayam terus meningkat dan sering fluktuatif baik dari sisi ketersediaan maupun harga di pasaran, dapat berdampak terhadap inflasi.

Baca Juga

“Selama ini pemenuhan daging sapi, telur dan daging ayam sebagian masih dari luar Kalimantan Tengah. Hal ini tidak terlepas dari jumlah populasi dan produksi beberapa produk peternakan masih rendah,” ucapnya dalam siaran pers.

Pada saat ini, kebutuhan pakan ternak unggas di Kalimantan Tengah lebih kurang sebesar 338,25 ribu ton. Sebanyak 172,65 ribu ton untuk usaha unggas yang bergabung dalam koorporasi, yang sudah terbangun sistem hulu-hilirnya. Sedangkan untuk kebutuhan peternak mandiri atau peternak rakyat sebesar 165,60 ribu ton yang memerlukan jaminan ketersediaan dan harga yang terjangkau.

“Kehadiran pabrik pakan di Kalimantan Tengah diharapkan menjadi solusi bagi permasalahan usaha peternakan unggas mandiri, dan menarik minat investasi dalam pengembangan usaha peternakan lainnya” kata Edy.

photo
Wakil Gubernur (Wagub) Kalteng melakukan Peletakan Batu Pertama Pembangunan Pabrik Pakan Ternak, yang dipusatkan di Trans Parenggean-Tumbang Sangai Km 9, Desa Bukit Harapan Kecamatan Parenggean Kabupaten Kotawaringin Timur, Sabtu (9/9/2023). - (Pemprov Kalteng)

 

“Selain itu menyediakan pakan ternak yang berkualitas dan terjangkau, sekaligus menjawab keraguan dari pihak perusahaan pakan bahwa Kalteng mampu menyediakan bahan baku pakan yang berkualitas dan berkelanjutan, sehingga ke depannya dapat mendorong investasi usaha peternakan yang lebih luas” sambungnya.

Pabrik pakan yang dibangun di Desa Bukit Haparan, Kecamatan Parenggean ini mempunyai kapasitas produksi 10 ton per jam atau 80 ton per hari, yang memproduksi pakan untuk ternak unggas, ruminansia dan ikan.

Selanjutnya ia menyebut bahwa pembangunan pabrik pakan ini merupakan salah satu program prioritas tahun 2023. Program ini sebagai komitmen Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah. Wujud pengabdian dalam membangun Kalimantan Tengah, guna mewujudkan “Kalteng Semakin BERKAH”. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement