Sabtu 09 Sep 2023 08:24 WIB

Usai ke Wali Songo, Cak Imin akan Ziarah ke Makam Gus Dur

Soal konflik antara Cak Imin dan keluarga Gus Dur, Maman PKB ingin proporsional.

Rep: Antara/ Red: Erik Purnama Putra
Ketua Umum DPP PKB sekaligus cawapres Koalisi Perubahan, Abdul Muhaimin Iskandar alias Cak Imin.
Foto: dok Humas DPR
Ketua Umum DPP PKB sekaligus cawapres Koalisi Perubahan, Abdul Muhaimin Iskandar alias Cak Imin.

REPUBLIKA.CO.ID, TUBAN -- Ketua Umum DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar merencanakan ziarah ke makam Presiden ke-4 KH Abdurrahman Wahid alias Gus Dur di kompleks Pondok Pesantren Tebuireng, Kabupaten Jombang, Jawa Timur.

"Kami akan ziarah, setelah menyelesaikan semua rangkaian ziarah makam wali songo (sembilan wali)," kata Wakil Sekretaris Dewan Syuro PKB Maman Imanul Haq di Kabupaten Tuban, Jawa Timur, Sabtu (9/9/2023).

Baca Juga

Secara pribadi, ia dan pengurus Dewan Syuro PKB telah melalukan ziarah ke Makan Gus Dur dan diterima dengan baik oleh pihak keluarga. "Bagaimana pun kami selalu menghormat orang-orang tua," ujar Maman.

Dia menjelaskan, sosok Gus Dur di PKB sebagai orang tua sekaligus mantan presiden. Sehingga, tidak ada kata untuk saling membenci antara satu sama lain. Bahkan Gus Dur oleh sebagian besar masyarakat telah dianggap sebagai wali ke-10.

Terkait konflik antara Muhaimin dan keluarga Gus Dur, Maman menegaskan, semua pihak hanya ingin mendudukkan seluruh masalah secara proporsional. "Kami menghormati Gus Dur, menghormati keluarganya, dan tentu akan ada komunikasi. kami hanya butuh waktu nanti, siapa yang memfasilitasi," kata Maman.

DPP PKB melaksanakan tur dan napak tilas perjuangan Wali Songo pada 7-10 September 2023. Sesuai jadwal, tur dimulai dari Cirebon mengunjungi makam Sunan Gunung Jati, lalu ke Demak mengunjungi makam Sunan Kalijaga dan Sunan Muria.

Selanjutnya, menuju Kudus mengunjung makam Sunan Kudus, lalu ke Tuban mengunjungi makam Sunan Bonang, dan ke Lamongan mengunjungi makam Sunan Drajat. Rute berikutnya menuju Gresik mengunjungi makam Sunan Giri dan Sunan Gresik dan berakhir di Surabaya untuk ziarah Makam Sunan Ampel.

Gus Dur wali ke-10...

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement