Kamis 07 Sep 2023 11:00 WIB

Dorong UMKM, Kelompok Relawan Srikandi Ganjar Gelar Pelatihan Buat Makanan Ambal Khas Buol

Pelatihan ini untuk meningkatkan kemampuan para ibu.

Kelompok relawan Srikandi mengadakan pembuatan makanan ambal buol bareng ibu-ibu yang berada di Desa Bunobogu, Kecamatan Bunobogu, Provinsi Sulawesi Tengah.
Foto: Dok. Web
Kelompok relawan Srikandi mengadakan pembuatan makanan ambal buol bareng ibu-ibu yang berada di Desa Bunobogu, Kecamatan Bunobogu, Provinsi Sulawesi Tengah.

REPUBLIKA.CO.ID, BUNOBOGU -- Kelompok relawan Srikandi mengadakan pembuatan makanan ambal buol bareng ibu-ibu yang berada di Desa Bunobogu, Kecamatan Bunobogu, Provinsi Sulawesi Tengah. Dalam kegiatan tersebut, Srikandi Ganjar menggandeng kelompok tani perempuan wilayah tersebut.

Koordinator Wilayah Srikandi Ganjar Sulteng, Nanda mengatakan, pelatihan ini untuk meningkatkan kemampuan para ibu di desa ini untuk bisa membuat makanan tradisional ini.

Baca Juga

"Kami melatih kemampuan para ibu-ibu di sini cara membuat makanan ambal khs buol yang benar dan memiliki rasa yang enak," kata Nanda dalam siaran persnya, Rabu (06/09/2023).

Ambal adalah makanan khas warga Kabupaten Buol, Sulawesi Tengah banyak digemari. Makanan itu biasa disebut Pizza karena memiliki kemiripan.

Menurut Nanda, makanan itu dibuat dengan cara dimasak dengan campuran berbahan ikan segar maupun bahan-bahan lainnya yang membuat cita rasanya semakin enak.

"Ambal terbuat dari olahan sagu dan ikan serra dimasak menggunakan tungku. Masyarakat buol sering menyebutnya pizza buol," tutur Nanda.

Nanda mengaku sangat dengan mengadakan kegiatan tersebut. Sebab, kegiatan disambut dengan baik oleh masyarakat sekitar yang menghadiri cara tersebut. "Kegiatan ini berjalan dengan dihadiri milenial dan ibu-ibu sekitar," katanya.

Di sela acara tersebut, Nanda juga mensosialisasikan sosok Ganjar Pranowo sebagai calon presiden (2024) kepada para peserta yang menghadiri pelatihan itu.

Masyarakat sekitar, kata Nanda, akan mendukung pria berambut putih itu untuk menjadi orang nomor satu di Indonesia. "Warga di sini siap mendukung Pak Ganjar," ungkap Nanda.

Sebelumnya, kelompok yang sama juga menggelar pelatihan cara membuat kue mille crepes bareng perempuan milenial. Workshop atau pelatihan cara membuat kue mille crepes merupakan kegiatan terbaru perempuan pendukung Ganjar itu berkolaborasi dengan Omah Dessert Jogja.

Adapun kegiatan itu dilaksanakan di Kedai Oak, Jalan Wahid Hasyim Nomor 50, Ngropoh, Condongcatur, Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Kordinator Wilayah Srikandi Ganjar DIY Herawati mengatakan, pihaknya mengadakan kegiatan tersebut untuk meningkatkan kemampuan kepada perempuan milenial dalam membuat camilan.

Dia menuturkan, pembuatan kue bisa membantu mereka meningkatkan perekonomian keluarga jika ditekuni, karena pembuatan kue mille crepes itu tidak membutuhkan biaya yang besar.

"Kegiatan itu bertujuan untuk memberikan ide kepada para peserta untuk membuka bisnis baru yang tidak memerlukan modal banyak, memberikan ide masakan, menambah hobi, dan tentunya memberikan kegiatan positif seperti memasak," kata dia, demikian dilansir dari Antara

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement