Rabu 06 Sep 2023 17:38 WIB

Bersama Sejumlah Komunitas, Grha Putih Gelar Baksos di Baduy Luar

Berbagai kelompok relawan lain antusias ikut dalam kegiatan ini.

Rep: Rahmat Fajar/ Red: Gilang Akbar Prambadi
program Baksos dan Tes Kesehatan gratis di Ciboleger Baduy Luar, Banten.
Foto: Dok. Web
program Baksos dan Tes Kesehatan gratis di Ciboleger Baduy Luar, Banten.

REPUBLIKA.CO.ID, BANTEN -- Grha Putih dan beberapa komunitas pendukung  Ganjar Pranowo (GP) seperti KAJB (Kita Alumni Jayabaya Bersatu, Belusukan, Almisbat) mengadakan, program Baksos dan Tes Kesehatan gratis di Ciboleger Baduy Luar, Banten. Total hampir 500 peserta mengikuti baksos ini yang terdiri dari lebih 250 kepala keluarga dan 50 perangkat desa. Sementara relawan peserta dari Grha Putih di antaranya berasal dari alumni UI, Unpad, USU, Jayabaya, Tirtayasa Banten, UNAS.

Ketua panitia pelaksana Destiana menjelaskan persiapan dilakukan dengan matang agar kegiatan tersebut terlaksana dengan lancar seperti merapikan titik kumpul keberangkatan. Titik kumpul ditentukan dalam beberapa titik.

Baca Juga

“Alhamdulilah dalam Checklist ACARA yang dilakukan kemarin, semua telah siap dengan baik 1. Cek Kesehatan : tensi, gula darah, asam urat, kokesterol dll. alat-alat test kits telah disiapkan oleh Ketum Grha Putih, Ahmad Akbar, dan diperkirakan cukup untuk semua peserta rapid test check maksimal sampai 500 orang, Karena jarak lokasi ke Puskesmas terdekat lebih dari 30 km, maka pesertanya akan cukup banyak," kata seperti dilansir pada Rabu (6/9/2023). 

Destiana menambahkan, empat orang tenaga kesehatan juga disiapkan untuk melayani tes kesehataan gratis yang diketuai oleh perawat Hilda yang baru kembali dari Jepang setelah beberapa tahun  bertugas di negeri matahari terbit tersebut. Sementara terkait sembako telah terkumpul 300 kantong beras dan minyak goreng kemasan dengan nilai keseluruhan mencapai lebih dari Rp 40 juta.

 

“Pakaian layak pakai juga relatif banyak, yaitu 1 mobil box penuh, terkumpul di 3 lokasi basecamp Grha Putih yaitu, ITC Roxy Mas, Menara Kuningan dan Ruko Cibubur, juga Buku² Sekolah & Alat Tulis, sehingga untuk 2 item ini kemarin sudah kami tutup," katanya.

Dalam kegiatan tersebut sejumlah souvenir lainnya juga dibagikan seperti kaos dan jam dinding. "Allhamdulilah acara berjalan lancar dari awal sampai akhir dan kami kembali ke Jakarta jam 18.00 sekitar Magrib,” tutur dia. 

Ketua Adat setempat, Ajat Sudrajat mengatakan sebagai kepala desa senang melihat kebahagiaan warga antusias menyambut kegiatan ini dan senang dengan hadirnya rombongan baksos dari Grha Putih. Ia berharap bukan hanya sekali ini saja kunjungan seperti ini dilakukan.

Berbagai kelompok relawan lain antusias ikut dalam kegiatan ini seperti Almisbat. Beberapa mahasiswa juga ikut dalam kegiatan ini.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement